Jan 4, 2016

Review Makanan Kucing: Friskies Adult Deep Sea Delights - Pure Tuna Wet Food

Halo, all. Welcome to The Cat Sound blog. Ini adalah post pertama The Cat Sound blog di tahun 2016. Semoga tulisan ini bermanfaat buat para feline lovers yah. Happy new year!



Kali ini The Cat Sound blog akan sharing informasi mengenai review makanan kucing yang terkenal dengan kemasan kuning nya… Yup, bener sekali! Friskies. Friskies adalah salah satu makanan kucing yang wajib ada di tiap pet shop dan bahkan tersedia juga di supermarket di kota aku, bahkan ada juga di kota-kota kalian. Makanan kucing buatan negeri gajah putih (re:Thailand) ini juga sudah dikenal oleh para cat people tanah air. Yang akan di review sekarang adalah wet food-nya. Kenapa beli Friskies? Penasaran! Karena alasan penasaran kadang aku suka ‘kalap’ kalau belanja makanan kucing buat felines yang lucu dan ngegemesin di rumah. Toh, juga aku suka banget sama warna kuning dan packaging Friskies ini kuning, makanya deh beli. Selain penasaran, aku juga pingin bikin menu Lela, Izzy, Gizmo dan Titi lebih bervariasi dan kaya rasa. Aku orangnya selalu over reacting terhadap sesuatu, termasuk kucing. Jadi bisa dibilang I think like a cat hahaha lol.

Packaging & Price
Friskies Wet Food ini dikemas pakai kaleng berlabel kemasan warna kuning khasnya isi 400gr, seharga IDR 15,000. Dari semua pet shop yang aku kunjungi, semua menjual Friskies seharga IDR 15,000. Nah, buat kemasan yang lebih kecil isi 85gr seharga IDR 5,000 - IDR 6,000. Inget loh, tiap pet shop dan tiap kota harganya berbeda. Beda kayak kemasan Whiskas wet food 85gr pakai kemasan sachet, Friskies pakai kemasan kaleng ukuran kecil.

Flavor
Rasa yang aku pilih kali ini adalah Deep Sea Delights Pure Tuna. Banyak sekali varian rasa yang tersedia di pasaran, yang aku tau adalah varian rasa ini, Ocean Fish & varian makanan basah untuk kitten. Buat info lengkap, bisa kunjungi website resminya Friskies.

Texture & Ingredients
Tekstur makanan kucing wet food ini lebih solid dan ga terlalu lembek juga. Karena mungkin aku ga lihat ada jelly yang biasanya jadi pelengkap wet cat food pada umumnya. Padahal di keterangan ingredients, jelly juga termasuk dalam bahan Friskies. Warnanya juga lebih gelap dari makanan kucing wet yang pernah aku coba, lebih gelap dari Whiskas dan My Dear Cat. Ga ada potongan ikan kecil segar seperti yang ada di Whiskas dan My Dear Cat wet cat food. Teksturnya lembut dan mirip bubur kasar atau sardine (re:makanan manusia) yang dihancurin dan dilembekin. Baunya pun ga ‘semenarik’ kepunyaan Whiskas yang kalau kemasannya dibuka para kucing udah langsung ngerubung. Aku coba ngendus aromanya, aroma Friskies ini ga seamis dan semenarik kepunyaan Whiskas atau My Dear Cat. Aromanya ga amis dan ga kecium aroma ikan.



Bahan-bahan Friskies Wet Food bisa dilihat pada gambar kemasan di bawah ini :


Bahan dasar ikan dari Friskies ini juga hanya ikan Tuna tanpa ada tambahan bahan ikan lain. Now I know kenapa tekstur Friskies engga ada potongan ikan segar karena ikan tuna nya sudah diolah. Dari kemasan mereka berstatement all your cat’s daily need dan made from real fish. Tapi menurutku mereka mungkin overcooked dan bikin tekstur Friskies ini sepenuhnya lembek, sekali lagi, tanpa ada potongan ikan segar. Kucing kayaknya lebih suka wet food yang ada tekstur utuh dari ikan, bikin mereka ngerasa makan ikan seger gituh deh. Tapi sebenernya engga juga, aku pernah kasih kucingku Whiskas wet food kemasan 85gr yang notabene seluruh makanannya lembek tanpa ada tambahan potongan ikan. Beda kalau kemasan kaleng 400gr, potongan ikannya banyak bener. Maybe, kucingku berasa makan bubur ketimbang makan wet food yang ada potongan ikan.

Cat Point of View
Dari hasil pengamatanku, kucingku merasa kurang ‘bersemangat’ makan Friskies ini. Mereka cuma ngendus-ngendus ini dari deket terus dijauhin. Dideketin lagi terus dijauhin lagi. Semacam pendekatan sama Friskies ini. Pas aku buka kemasannya diantara para kucing, mereka juga ga sebringas pas aku buka Whiskas yang wet food dari kalengnya. Ini adalah pertanda awal bahwa kucing-kucingku merasa biasa aja sama makanan Friskies. Kayak ga baper gitu, kalau sama Whiskas baru deh mereka baperan.
Oh ya, mau sharing juga yah. Aku selalu nyampur wet food sama dry food jadi satu dan aku aduk kalau mau ngasih para kucing makanan wet food. Kenapa? Aku denger kalau kucing terlalu sering makan wet food ga baik buat kesehatan mulutnya. Mulutnya jadi bau dan bisa aja giginya jadi sakit. Karena biasanya sih, menurut informasi yang aku denger, kucing liar / domestik yang tinggal di jalanan, makan daun buat membersihkan mulut mereka setelah makan. Sama kayak kita kalau abis makan main course lalu makan desert. Daun ini jadi desert mereka. Lagian aku ga naruh tanaman di sekitar rumah karena alasan kebersihan dan biar ga jadi sarang serangga. Kembali ke wet food tadi, aku campur sama dry food supaya efek buruk yang bisa terjadi pada mulut mereka berkurang. Dan lagi, kalau kucing dikasih makanan dry food setiap saat, ga baik buat ginjal dia karena kandungan air di makanan kering kucing sangatlah rendah. Juga harus diselingi sama wet food. Karena itulah, aku mencampur wet food dan dry cat jadi satu buat menghindari masalah yang bisa aja terjadi kepada kucingku.
Waktu nyampur wet food-nya Friskies, aku pakai Oke Cat Kitten Food sebagai campuran dry food (karena waktu itu, makanan kering kucing yang masih ada adalah Oke Cat). Mereka mau-mau aja sih dikasih campuran wet food sama dry food. Tapi mereka sedikit ga selera makan ketika aku selalu ngasih Friskies wet food ini di waktu dinner mereka. Mungkin ga tau karena bosen atau ada alasan lain. Sampai makanan ini habis, ga ada efek buruk buat si emak dan anak-anaknya.

Conclusion
Kesimpulan yang bisa aku tarik dari Friskies wet food ini adalah ga menarik perhatian kucing karena beberapa sebab. Pertama, mungkin baunya ga senikmat bau ikan segar. Aroma Friskies ini seperti makanan olahan. Satu lagi penyebab pasti kucingku ga beringas makan Friskies adalah ga ada potongan ikan segar. Kedua, teksturnya lebih garing dan minim jelly. Ketiga, kembali ke kucing kita masing-masing yah! Karena makanan kucing kan yang merasakan adalah kucing kita, jadi kucing kita yang menentukan apakah doi merasa cocok atau nolak.

4 comments:

  1. Replies
    1. Halo Daffa Ryamsyah,

      Buat memanjangkan bulu bisa pakai makanan yang khusus buat pertumbuhan bulu bisa juga disertai dengan vitamin mas :)

      Delete
  2. Wah aku emg lg mau cari friskies tp yg isinya halus nih... Rata2 tuna ya~ soalnya meng aku picky, yg bentuk potogan malah nyangkut makannya -_- makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lestari,

      Ada kok Friskies yang halus buat Kitten. Bisa dicoba nanti :)

      Delete