Aug 31, 2016

Review Makanan Kucing: Felibite Dry Food

Dear feliners. Halo, semua! Semoga kabar kalian dan para kucing dalam keadaan yang sangat baik. Di kesempatan kali ini, The Cat Sound akan mereview makanan kucing merk Felibite. Felibite ini merupakan merk baru buat aku dan buat para kucingku, dan juga baru menemukan makanan kucing merk ini di Galaxy Pet Shop beberapa waktu lalu.* Sebenernya udah beberapa kali juga baca review makanan kucing merk Felibite ini, tapi berhubung belum ketemu jadi belum bisa cobain. Akhirnya ketemu deh! Yuk simak review di bawah!
 
 
Packaging & Price
Kebetulan Felibite memang dari sononya menyediakan makanan kucing sudah dalam kemasan repack yang dikemas oleh pabrik. Di kemasannya ada tulisan merk Felibite dan ada keterangan Felibite gitu. Kemasan repack isi 800 gram harga IDR 20,000 di Galaxy Pet Shop Banyumanik. Kasih Satwa Semarang juga menyediakan Felibite kemasan repack isi 500 gram harga IDR 12.500 dan isi 1 kg harga IDR 24.000. Harga Felibite ini sangat bervariasi diberbagai lokasi. Buat kemasan fresh pack-nya, Felibite tersedia kemasan 20 kg. Berikut penampakan repack Felibite :

Berikut informasi yang aku dapat dari internet :
Flavor
Keterangan rasa Felibite kurang jelas. Dari info website www.mataharisakti.com ga menyebutkan rasa-rasa Felibite. Tapi dari Galaxy Pet Shop memberikan informasi bahwa Felibite ini punya dua rasa, yaitu Tuna dan Seafood. Rasa Tuna dan rasa Seafood memiliki dua bentuk kibble yang berbeda.

Texture & Ingredients
Tekstur Felibite ini keras kering dan aromanya wangi. Beneran wangi! Wanginya enak dan ga amis. Biasanya sih makanan kucing harga 20 ribuan aromanya amis dan nyengat banget. Sempet heran sih, makanan kucing murah kok aromanya ga nyengat. Mungkin ini nih keistimewaan Felibite, walaupun murah kualitasnya ga abal-abal. Bentuk kibble Felibite ini ada dua jenis, bentuk donat dan bentuk ikan. Berikut penampakan kibble Felibite :
Kibble Felibite bentuk donat & ikan
Informasi tentang ingredients maupun informasi gizi yang ada di makanan kucing merk Felibite kurang jelas. Di website resmi makanan kucing Felibite di www.mataharisakti.com pun informasinya sangat kurang. Berikut keterangan yang ada di laman website Matahari Sakti :
Felibite diformulasikan dengan nutrisi yang seimbang sehingga membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh kucing kesayangan anda. Selain itu Felibite juga dilengkapi dengan omega 3 dan 6 untuk kesehatan bulu, taurine untuk kesehatan mata, dan yucca extract untuk pengurangi bau pada kotoran kucing. 
Did you know? Matahari Sakti ga cuma memproduksi makanan kucing, tapi juga untuk anjing, unggas dan ikan. Matahari Sakti juga adalah produsen asli asal Indonesia. Cintai produk dalam negeri dong feliners! Makanya sejak tau Felibite ini asal Indonesia rasa penasaran mau cobain makanan ini makin besar. Udah banyak pelapak online yang jualan Felibite dan blog review makanan kucing lain yang udah mereview Felibite. Eksis juga ya Felibite dikalangan cat lovers. Berikut ingredients yang aku kutip dari Radio Kucing :

Ingredients pertama yang tercantum adalah Tuna Soluble. Bisa aku simpulkan bahwa rasa Felibite ini Tuna. Cuma bentuk kibblenya aja ada dua. Jadi rasa Felibite ini cuma ada satu. Ada bahan Yucca Extract juga. Yucca extract dikenal bahan tambahan makanan kucing yang fungsinya bikin kotoran kucing jadi berkurang bau ga enaknya. Bahan lainnya yang tertera adalah Premium Fish Meal dan Poultry Meat Meal. Dalam ingredients ga disebutkan jenis premium fish dan lemak daging unggas apa yang digunakan.

Cat Point of View
Beberapa hari setelah makan Felibite, kucing-kucing dirumah terlihat biasa aja sih. Sempet heran sih kok makannya lahap dan selalu habis. Padahal sebelumnya makan makanan kucing harga segini biasanya kurang doyan. Bukan bermaksut meremehkan atau menjelekan loh! Biasanya makanan kucing yang harganya murah punya aroma yang amis dan menyengat. Amaze aja sama Felibite karena aromanya ga terlalu amis dan nyengat. Ternyata kucing-kucingku suka. Aku perhatiin kegiatan buang air si kucing normal, walaupun poopnya agak encer dari biasa tapi baunya berkurang. Biasanya bau kotoran kucing itu amis menyengat persis aroma tape singkong, setelah makan Felibite bau kotorannya agak berkurang. 
 almarhum Izzy lagi makan Felibite 2 tahun lalu

Blog-blog review makanan kucing lainnya juga berpendapat kalau kucing mereka suka sama Felibite dan poopnya ga ada masalah. Ini berkat Yucca Extract yang ada di dalam makanan Felibite. Kucing beda-beda ya feliners, entah kenapa efek buang air ke kucingku agak encer tapi ga mencret. Aku kurang tau apakah Felibite ini khusus makanan kucing adult atau boleh dimakan sama kittens atau gimana. Kadang sih para kittens juga ikutan makan. Walaupun ga terlalu banyak karena kalau kittens ya harus makan makanan khusus kittens, toh?

Conclusion
Selain harganya yang sangat terjangkau, kualitas Felibite ini ternyata ga abal-abal feliners. Asal-usul makanan kucing merk Felibite jelas. Terbukti setelah makan Felibite buang air si kucing jadi berkurang baunya tapi bikin poop si kucing jadi agak encer. Nothing is perfect lah pokoknya! Felibite ini highly recommended buat feliners semua! Ini worthy banget buat dicoba. Itung-itung menambah pengalaman feliners semua sama makanan kucing. Seperti yang Pak Maspion dan Tante Titiek Puspa bilang, CINTAILAH PRODUK-PRODUK INDONESIA! Sepertinya Felibite ini juga gampang banget buat didapatkan karena hampir di semua pet shop ada. Sekian review makanan kucing Felibite dari The Cat Sound, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan refrensi buat feliners. Ciao feliners! See you when I see you! Thank you for reading The Cat Sound!
*Review Felibite ditulis pada bulan Februari 2016.

56 comments:

  1. Kucingku suka bgt felibite yg ikan, dikasi equil atau IMO lbh pilih felibite. Blm tau gmn efeknya ke mrk ,smoga ga mslh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucingku beberapa hari makan felibite, sekarang gak mau makan dan dan lemes gitu kenapa ya.. tolong 😟

      Delete
    2. felibite untuk kitten apa adult ya?

      Delete
    3. Secara umum adult. Tapi ada yg khusus untuk mom and kitten tapi harganya lebih mahal dari yg biasanya

      Delete
  2. Kucingku suka bgt felibite yg ikan, dikasi equil atau IMO lbh pilih felibite. Blm tau gmn efeknya ke mrk ,smoga ga mslh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vera Fr,
      Sejauh ini kucing-kucingku belum masalah sih makan Felibite. Kalau poop agak encer gitu ya pernah tapi ga sering.
      Amin, semoga puus mba Vera pada sehat-sehat!

      Delete
    2. Sampai skrg anak2 masi suka ama felibite,kmren smpet sakit & hrs mkn RC gastro tapi yg bikin shock mrk lbh pilih felibite say..wew gmn ga pusing... Akhirnya ditmbh felibite dikitttt baru pada mkn..ga berani ngomong sm vet klo RC gastro nya di mix...wkwkwk..pup & pee ga mslh, masi padat & sehat tapi intensitasnya berkurang..hebat jg si felibite

      Delete
    3. Sampai skrg anak2 masi suka ama felibite,kmren smpet sakit & hrs mkn RC gastro tapi yg bikin shock mrk lbh pilih felibite say..wew gmn ga pusing... Akhirnya ditmbh felibite dikitttt baru pada mkn..ga berani ngomong sm vet klo RC gastro nya di mix...wkwkwk..pup & pee ga mslh, masi padat & sehat tapi intensitasnya berkurang..hebat jg si felibite

      Delete
    4. Halo Mba Vera Fr,

      Iya sampai sekarang makanan primer kucing-kucing saya juga Felibite mba. Kalau mau transisi pakan ke pakan baru (kadang saya gemes kalau ada merk baru/pakan baru yang belum dicoba kepingin cobain) masih dicampurin sama Felibite. Ajaib banget si Felibite, sampai sekarang kucing-kucing saya juga sehat, poop pipis ga masalah, makan juga lahap. Ini masih ada yang hamil dan menyusui saya kasih RC kitten, tapi tetep aja milih Felibite ^_^

      Delete
  3. salah satu kucingku bosen sama makanan trus cuma mau makan felibite aja (udah dicobain sampai 7 merk) dan dia cocok, mlah bulunya lebih lebat. tp katanya pakan kelas itu untuk jangka panjang kurang bagus, efeknya bisa sampai FLUTD (kesusahan kencing/kencing berdarah). jadi takut soalnya kucingku persia lebih tinggi kemungkinan kenanya. adakah yg udah 1 tahun lebih pakai ini dan sehat2 kucingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Oca Firosa,

      Kucing-kucing saya setahun ini pakai Felibite dan masih sehat. Kondisi kesehatan tiap kucing berbeda-beda sih, ada yang sensitif ada juga yang tidak. Memang makanan kucing yang mengandung banyak tepung, grain dan sebangsanya menyebabkan efek jangka panjang yang kurang bagus buat kucing. Untuk penjelasan lebih lanjut mba Oca bisa konsultasi dengan dokter hewan :)

      Delete
    2. Aku udah pakai felibite selama 10 bulan, 5 bulan setelah makan felibite kucingku poopnya encer banget terus warna kuning poopnya. Aku bawa ke dokter karena dia masih menyusui anaknya poop nya jadi encer dan itu normal. Jadi aku pikir gak ada masalah dengan pakan atau kesehatannya. Eh malah anaknya pas usia 6 bulan aku kasih felibite satu bulan setelahnya ikut encer juga poopnya. Sekarang anaknya udah usia 9 bulan. Dan tetep aja encer ibunya juga encer.. akhirnya aku pikir ini ada masalah sama pakan nya, jadi aku nyoba ganti pakan oricat. Baru 2-3 hari semua kucingku poopnya udah normal udah gak mencret dan warnanya juga sudah agak coklat gak kuning lagi. Dan tetanggaku juga pakai felibite 2 bulan eh sekarang kucingnya jadi poop sembarangan dan poopnya encer warna kuning juga

      Delete
    3. Ah emang efeknya kayak nya ya aku juga baru kasih ini sih kemaren dan kucingku langsung ee nya encer kuning gtu baru sehari tapi dah keliatan efeknya

      Delete
  4. kitten saya dikasih rc mother and baby cat malah milih felibite wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown,

      Iya, emang Felibite irresistable banget :)

      Delete
  5. hay kucing ku kok gak mau makan felibite ya? padahal pertama kali beli rakus banget besoknya pas dikasih felibite gak mau makan kucingnya,cuma di cium2 mau di makan gak jadi .tolong dijawab ya,please ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ridho 2004,

      Kalau kucing saya mau-mau aja makan felibite sejauh ini ga ada masalah. Emang kadang kayaknya kehilangan nafsu makan gitu. Saya pribadi kasih kucing-kucing saya kuning telor seminggu sekali biar nafsu makan dan saya kasih Nutriplus Gel seminggu sekali - dua kali. Semoga jawaban saya membantu :)

      Delete
    2. Sama.. 2 kucing aku awal makan felibite doyan banget langsung abis.. tapi sekarang udh dikit banget.. apa harus nyoba ganti yg lain ya? Tapi takut gak cocok.. soalnya baru pertama kali punya kitten, jd bingung mana yg bagus

      Delete
    3. Soalnya itu gak bau amis sih ,Mending kasih whiskas atau me o aja klo kamu sanggup beli atau cat Choize itu juga murah isinya 800 gram untuk yg adult dan yang kitten 1 kg 25kan,atau Excel juga murah

      Delete
  6. Bro ridho 2004 coba felibite nya di mix sama telur rebus ayam kampung tp d. Ambil yg kuning nya yg putih nya jgn d. Kasih ke kucing... Jd felibitnya diremes sama rebusan kuning telur ayam kampung pasti dilahap hbs... Tp jgn keterusan ini cuma sebagai pemancing nagsu makan si empus... Kalo gak telur hati ayam jg bs tp jgn ampelanya ya ingat hatinya, itu bs jg d. Kasih ke kucing tp d. Rebus dulu kalo dah mateng sama caranya d. Mix sama felibit

    ReplyDelete
  7. haloo.
    kucingku mulai dari senin kemarin coba felibite tapi di campur juga sih sama proplan. pupnya kok jadi setengah encer setengah keras gitu yah. pas pake proplan aja nggak encer pupnya. tapi makan lahap sih. mungkin ada saran?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hayyu Agustian,

      Tiap kucing sepertinya berbeda-beda ya mba menerima Felibite ini. Awalnya juga kucing saya begitu tapi lama kelamaan adaptasi. Mungkin karena waktu makan Felibite mba ga sempat transisi makanan lama ke baru? Kalau kucing-kucing saya syukur masih sehat dan sampai sekarang masih makan Felibite cuma ya kadang saya switch ke makanan lain supaya ga bosan. Saran saya coba transisi makan dulu mba, kalau poopnya masih jelek lebih baik dihentikan aja :)

      Delete
    2. kl boleh tau ditunggu durasi poopnya encer berapa lama ya ?, sudah 2 minggu ini pup nya g konsisten kadang encer kadang engga. dapet saran katanya sekitar sebulan aja ditungguin

      Delete
  8. sebenernya aku agak heran dengan merk2 yang beredar dan harganya mirip mirip, bentuk dari catfoodnya sama yaitu ikan dan donat.. apa mereka import lalu di ganti kemasannya ya? beneran perasaan koq ga enak buat nyoba.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tompcm,

      Kalau saya sebelum beli merk cat food, saya cari asal usulnya di internet terlebih dahulu. Jadi kalau mau beli ga rancu. Felibite untungnya buatan Indonesia dan aman digunakan kucing-kucing saya. Iya mas, emang kebanyakan cat food kibblenya bentuk ikan atau donat. Tapi ga berarti makanan itu buruk mas. Happy trying ya!

      Delete
  9. udah pernah tau chef's choice atau duro? harga sama ma felibite, tapi ga tau diantara 3 itu yg paling bagus yg mana ya? kucing saya kucing kampung biasa sih, usia dewasa sekitar 5 tahunan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Kucing-kucing saya pernah makan chef choice dan duro. Belum sampai blog sih, tapi saya udah nulis draft-nya. Kalau chef choice kebetulan efeknya bagus. Nah duro ini yang bikin keki. Kalau bagus atau tidaknya masing-masing kucing berbeda. Ada yang cocok atau yang tidak. Tapi buat membandingkan bisa lihat berapa persen proteinnya dan ingredients. Kalau chef choice proteinnya (sepertinya) 27%, felibite 28% dan duro juga 28%.
      Saya pribadi lebih suka sama felibite :) semoga membantu ya.

      Delete
  10. kalau sdh biasa dikasih friskies, meo, atau whiskas, trus mau coba kasih felibite kira2 kucingnya suka gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing saya biasa dikasih proplan sama wishkas. pas dicobain felibite mereka lebih lahap makannya, yang biasanya ogah-ogahan skrg lahap. gatau efek makanan apa ngga, tapi kucing saya jadi lebih lincah :)

      Delete
    2. Halo Ennaliza,

      Kalau pertanyaan ini saya kurang bisa bantu jawab karena sekali lagi ya tiap kucing berbeda-beda. Beda selera, pencernaan dan lainnya. Jadi kalau mau tau jawaban apakah kucing mba suka atau tidak harus dicoba ke kucing mba :) semoga membantu

      Delete
    3. Kucingku dari whiskas, RC ke Equilibrio trus ke Meo persian.. dikasih felibite lahap amat 😁😁 pagi - siang ditempat makannya 8 sendok. Pas ku pulang kerja sorenya sudah kosong aja tempat makannya 😊😊

      Delete
    4. @anis lin. Makanan anabulny derajatny naik turun.kkkkk😂😂

      Delete
    5. @anis lin. Makanan anabulny derajatny naik turun.kkkkk😂😂

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. kucing ku ad 3 persia. Biasany tak ksih mkan equilib tapi akhir" tak mis ma felibete. al hamil Knpa y'a bluny jadi agak rontok y'a. apkh mungkn kucing ku tak coco dngn m'erk felibete. mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sidik,

      Mungkin begitu. Saran saya kalau lagi hamil kasih aja makanan buat kitten krn biasanya lbh tinggi protein. Kalau bisa lagi kasih makanan khusus hamil seperti Royal Canin Quuen.

      Semoga membantu :)

      Delete
  13. Kucing saya persia, sebelumnya dikasih meo, saya coba felibite yang bentuk ikan, sama sekali tidak dimakan cuma diendus saja, apakah tidak semua kucing suka, atau kucing saya ada masalah

    ReplyDelete
  14. Halo Dimas Fajar,

    Menurut saya, tiap kucing punya kesukaan masing-masing :)

    ReplyDelete
  15. Wah reaksi kucing nya bermacam-macam ya. Kucing saya sendiri sudah diberi makan felibite sejak 8 bulan ini. Pupnya tidak terlalu bau, dan tidak encer kok. Badan kucing saya malah makin gemuk dan bulunya lebat sampai suka gimbal

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Sebagian kucing saya kalo keseringan lama"bosen
    Cm si nchi(name) yg masih lahap banget.
    Makanan ini cpt bikin kenyang.
    Asal jangan minta df Royal Canin aja.kkkkkkk😂😂

    ReplyDelete
  18. mau tanya donk, si moy biasa makan pro plan tapii beberapa hari ini kek nya bosen dia, mau nya felibite ini, kira2 aman ngak ya? recomen dari vet nya dibilang jangan dikasih makanan yang dibawah pro plan?

    ReplyDelete
  19. Kucing saya domestik, biasa dikasih whiskas / friskies, pupnya jd berdarah wkt dikasih feilibite, dan jd kurus.. Salah juga soalnya ga sempet diadaptasiin lgsg pake gara2 si whiskasnya abis wkt itu 😌
    Skrg jd balik lagi ke whiskas, sebenernya kalau dari segi kualitas bagusan mana ya? Sama kalau pup nya udh normal boleh nyobain ganti felibite lagi ga (diadaptasiin dulu kalo yg ini, kapok 😌😌)? Soalnya lumayan banget harganya si felibite... 😳😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ke cat Choize aja kak soalnya itu mirip2 whiskas gtu harganya juga terjangkau kok

      Delete
  20. Kak...
    Kucing ku usia 1bln...
    Kucing adopt...
    Dari pemiliknya suruh kasih makan felibite. Tadi nya yg bentuk ikan dia poop nya encer banget, suka kasian gitu liat nya.. Walhasil dia ga mau makan...
    Setelah aku ganti bentuk donat dia mau makan. Semakin kesini dia gaa mau makan.. Kenapa ini yaa... Solusi pliss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kitten usia 1 bln harus kasi yg proteinnya 30% keatas dan khusus makanan kitten.Contoh Equilibrio kitten , proplan kitten , power cat kitten .Felibite itu bukan khusus kitten

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalo kondisi ngga membaik apalagi kittennya tetep ngga mau makan baiknya langsung check up ke puskeswan/klinik/rsh ya karena kasian harus ada yg masuk ke perutnya.

      Delete
    4. Halo nurricha! Untuk solusi penggantian makanan mungkin sebaiknya kasih makanan wet food aja karena 1 bulan masih kecil banget. Pas udah hampir 2 bulan bisa juga pake cara saya: campurin satu sendok wet food ke 1 porsi dry foodnya. Kalo masih mau pake Felibite coba beli yang Felibite Mother & Kitten karena itu nutrisinya lebih bagus dibanding Felibite biasa.
      Untuk wetfood saya biasa beli yg 400gr (15-18rb-an), merknya apa aja sih yg penting tanpa pewarna, pengawet dan baik kandungan vitaminnya.

      Untuk masalah poopnya bisa dicoba dulu tambahin tempe parut ke makanannya.
      Kalo ngga ada perubahan beberapa hari baiknya konsul untuk pemberian obat karena beda obat beda aturan pakainya apalagi mau dikasih ke kitten.

      Delete
  21. Menurut saya sih ni makanan kucing untuk tekstur agak alot tapi kecil,pas la di mulut,kalau amis gak banget harum,dan juga harga murah dapet banyak,thanks ya min udah di ulas.

    ReplyDelete
  22. Aku gk pelihara kucing cuma di rumah selalu kedatangan kucing tiap hari krn gk tega aku beli makanan kucing di petshop nemu merk felibite kok harganya murah banget akhirnya coba ke kucing ehh lahab banget tp emang gampang abis 1 minggu 500 gram itupun makanya harus di kontrol kalau nggak si kucing bakal trus makan gak henti2 sejauh ini yg terjadi kucingnya gk ada masalah dan bikin gemuk jenis kucingnya kucing domestik

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah aiko sih cocok aja walaupun baru 4hari dia beralih k felibite.. tapi nafsu makan dia jadi bertambah banget.. untuk poop dan kencing nya kalo aiko sih ga ada masalah malahan sebelum pake felebite poop dia encer dan bau banget tapi sesudah beralih poopnya jadi agak padat dan baunya agak berkurang.. aiko sih lebih seneng mkn felibitenya di campur dengan whiskas yg basah..
    malahan setelah beralih k felibite aiko sudah tidak mengalami bulu rontok lgi.. padahal baru 4hari ganti.. dan sekarang aiko lebih ceria dari biasanya.. semoga cocok terus deh aiko sama felibitenya..

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah aiko sih cocok aja walau baru 4hari dia ganti k felibite .. tapi nafsu makan dia jadi tambah banget .. untuk kotoran dan kencing nya aiko sih ga ada masalah malahan sebelum pake felebite kotoran dia encer dan bau banget tapi setelah pake felibite poopnya jadi agak padat dan baunya agak berkurang .. aiko sih lebih seneng mkn felibitenya di campur dengan whiskas yg basah ..
    malahan setelah beralih k felibite aiko sudah tidak mengurangi bulu rontok lgi .. padahal baru 4hari ganti .. dan sekarang aiko lebih ceria dari suka .. semoga cocok terus deh aiko sama felibitenya..😊😊

    ReplyDelete
  25. Aku baru aja beli felibite sih . Cuma aku gaktau cocok atau tdk utk kucingku . Kucingku bru umr 2½bulanan . Sebelum pake felibite pake makanan kucing biasaa yg dimakan emaknya .. tp sejauh ini gak adaa keluhan . Semoga pakai merk ini tidak bermasalh kucingkuu

    ReplyDelete
  26. https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    ReplyDelete