Mar 12, 2016

Review Makanan Kucing: Ciclos Gatos Adultos Dry Food

Hi, feliners! Lovely night, isn't it? So, kali ini The Cat Sound akan mereview Ciclos Gatos. Ciclos pronouncing :sieklos/kieklos? Tolong di bantu yah! Aku pribadi mengeja Ciclos jadi sieklos karena berangkat dari contoh kata noun yaitu circle yang bacanya sirkel, maka kalau Ciclos maybe bacanya sieklos. Setuju? Loh, kok malah jadi ngebahas pelajaran Bahasa Inggris? Skip!

Packaging & Price
Aku beli Ciclos Gatos kemasan repack isi ½ kg seharga IDR 50,000 di Graha Satwa Lestari Semarang. Kebetulan aku beli Ciclos Gatos kemasan terakhir hihi. Harga bisa berbeda-beda yah dilain pet shop atau di lain daerah. Kemasan fresh pack Ciclos Gatos yaitu :

Flavor
Ternyata Ciclos punya beberapa varian rasa dan jenis. Yang aku tau adalah Ciclos Gatos Adultos dan Kitten Croissance. Yang aku beli adalah Ciclos Gatos Adultos rasa Salmon.

Texture & Ingredient
Tekstur Ciclos Gatos dry cat food yang keras dan ada efek berminyak kalau diteken-teken. Hampir mirip Optima gitu, Optima tuh walaupun dry cat food kalau diremas/diteken lengket di tangan. Ciclos Gatos ga terlalu oily dan sticky ketimbang Optima. Warna makanan Ciclos Gatos lebih gelap daripada Optima, warnanya coklat tua gelap. Bentuk kibblenya segitiga yang cuma kerangka gitu. Apa yah, kalau aku bilang sih bentuknya bintang segitiga hahaha. Kibblenya ukuran mini dan menurut aku para kittens juga bisa menyantap Ciclos Gatos tanpa ada suara klutakan.
 
Izzy dengan Ciclos Gatos Adultos 
Ciclos Gatos ini makanan kucing dari Brazil. Aromanya kental dan solid tanpa tercium aroma ikan yang amis atau campuran ikan. Gimana sih jelasinnya, kalau dibandingin sama Optima, aromanya lebih kuat dan tajam Optima. Aroma Ciclos Gatos ini lebih kalem. Berdasarkan informasi yang aku dapetin dari sumber Kucing.web.id tentang ingredients yang ada di Ciclos yaitu :
" Chicken by-product meal, ground corn, fish oil, fish meal, chicken digest, chicken fat, beet pulp, manioc starch, dicalcium phosphate, sodium phosphate, rice, sodium chloride, dried egg, mineral vitaminic premix, probiotic "

Menurut forum diskusi di Kucing.web.id menanggapi pertanyaan dari Micha berisi bahwa Ciclos Gatos ini kurang bagus karena terbuat dari bahan Chicken by-product. Chicken by-product artinya menggunakan bahan-bahan yang bukan merupakan olahan ayam asli, melainkan sisa-sisa dari olahan ayam. Seperti, jeroan dll. Untuk makanan kucing grade premium to super premium seperti ini sih aku menyayangkan Ciclos Gatos pakai bahan chicken by-product. Konten di website Socil, pabrik yang memproduksi Ciclos Gatos sangat sulit buat dipahami. Ada button untuk switch bahasa Spanish ke English. But, it seemed doesn't work at all. Berikut penampakannya :


Cat Point of View
Pas aku buka kemasan Ciclos Gatos, para kucingku langsung aja nyamperin dan naik ke pangkuanku. Terutama Lela, doi langsung penasaran dan pingin langsung makan. Mungkin karena aromanya yang kental dan solid jadi bikin kucing juga penasaran. You know lah, indra penciuman kucing tuh kuat banget, malah lebih kuat dari anjing. Bedanya kucing sama anjing, anjing bisa dilatih secara rutin dan mau mengikuti latihan dalam waktu yang relative lebih singkat, kalau kucing susah dilatih dan bakalan butuh waktu lama buat melatih kucing jadi seperti yang kita pingin. Contohnya, aku ngelatih kittens buat pakai litter boxnya lebih dari 2 bulan. Mereka susah banget buat diajarin, mereka poop sembarangan. Ouch, mulai dari di kamar mandi (sebenernya ini bagus kalau kucing mau poop di kamar mandi, tapi masalahnya kamar mandi di lantai atas rumahku ga ada toiletnya jadi hanya kamar mandi buat mandi), di lantai, di kandang, bahkan pernah di sofa. Langsung tancap gas beli baking soda! Setelah aku berusaha keras buat melatih kucingku pakai litter boxnya, akhirnya mereka mulai nurut. Takes me all the time to make sure my cats are ‘willing’ to use the litter box.
Kembali ke Ciclos Gatos yah! Nah, anehnya nih waktu aku tuangin Ciclos Gatos ke wadah makanan mereka, mereka jadi ogah. Hal pertama yang aku sesali saat itu duh mana mahal, kalau mereka ga doyan jadinya kan sia-sia (maklumin yah aku orangnya sangat peritungan hahaha). Aku akalin deh campur sama Me-o Kitten Food yang masih sisa. Mereka seengganya jadi agak mau sama makanan ini. Lalu, the next day karena Me-o Kitten Food nya udah habis, aku sajikan tanpa campuran makanan lain. Turns out, mereka suka, ga beringas tapi mau makan aja udah cukup dah!  Hari ke 4 mengkonsumsi Ciclos Gatos, perubahan yang paling signifikannya adalah poopnya jadi berwarna hitam pekat, ada cairan seperti minyak (cairan berwarna bening kekuningan) di sekitar poop, baunya luar biasa STINKY! Extremely STINKY! Ouch! You wouldn’t believe how stink it was. Baunya langsung mendominasi udara yang ada di ruangan. I noticed that pipisnya juga jadi sangat bau, baunya sangat tajam. Aku sedih banget ngelihat para kucingku mengalami kejadian ini. Kok bisa ya efeknya sangat buruk buat kucing? Awalnya aku mikir, mungkin karena warna makanan dari Ciclos Gatos ini relative hitam dan gelap, bisa aja mempengaruhi warna poopnya. Ya to? Buat menghindari efek buruk yang berlarut-larut buat para kucing. Ga perlu lagi ditunggu sampai habis, aku langsung menghentikan konsumsi Ciclos Gatos buat si meong. Padahal aku pernah baca kalau poop kucing berwarna coklat gelap dan hitam itu artinya pencernaan kucing lagi bagus. Tapi ga disertai dengan cairan kental.

Conclusion
Satu pelajaran yang bisa aku petik kali ini adalah, ternyata ga semua premium cat food bisa memberikan efek ‘baik’ untuk kucing. Kembali lagi ke masing-masing kucing apakah cocok dan pencernaannya dapat menerima makanan tersebut. Yang aku lihat disini, sistem pencernaan kucingku ga bisa menerima kehadiran Ciclos Gatos dan langsung membuat poopnya lebih buruk dari keadaan biasanya. This is why we testing, people!

No comments:

Post a Comment