Oct 21, 2016

Review Makanan Kucing: Eureka Adult Holistic Cat Turkey & Rice Dry Food

Dear feliners, how are you? Semoga dalam keadaan yang baik ya. Kali ini The Cat Sound akan mereview makanan kucing merk Eureka. Yassssh! Eureka! Ada yang pernah mencobanya kah? Yang bikin makin penasaran adalah karena ada keterangan HOLISTIC di kemasan! Wow, pasti ini makanan kucing bagus karena grade-nya holistic. Sebelumnya udah pernah denger makanan kucing merk ini disebut-sebut di chat group Cat Lovers Kaskus dan beberapa blog kucing lainnya. Karena penasaran sama keterangan HOLISTIC-nya, jadilah beli makanan kucing merk Eureka ini. Ada yang review Eureka efeknya bagus, ada juga yang bilang jelek. Daripada nebak-nebak, mendingan beli dan mencoba. Yuk simak review Eureka Adult Holistic Cat di bawah!

Packaging & Price
Aku beli Eureka Adult Breeder di Pow Pow Pet Shop dalam kemasan repack isi ½ kg harga IDR 28,000 dan buat isi 1 kg harga IDR 56,000. 

Buat ukuran makanan kucing holistic, harganya termasuk murah. Karena belum pernah menemukan Eureka dalam kemasan fresh pack, kira-kira seperti ini penampakannya :
SOURCE

Dari hasil pencarian di internet, Eureka tersedia isi 500 gram dalam kemasan fresh pack. Setahuku, Eureka ada dua varian yaitu untuk Adult dan Kitten.

Flavor
Eureka Adult Breeder ini adalah rasa Turkey and Rice. Karena aku ga menemukan varian Eureka lain selain Eureka Kitten dan Adult, jadi aku simpulkan rasa Eureka Adult ini adalah Turjey & Rice.

Texture & Ingredients
Bentuk kibble Eureka Adult ini menyerupai bentuk kibble Universal, bentuk donat ukuran kecil. Warna makanan Eureka coklat tua gelap. Bulatan kibblenya juga sama dengan lainnya. Eureka Adult bertekstur keras dan lengket. Aromanya ga amis dibanding dengan Universal. Aroma Eureka ini khas ikan dan aromanya kuat gitu tapi ga amis. Mirip-mirip sama aroma Optima. Mulai berpikiran deh feliners, apa makanan kucing grade super premium sampai grade holistic punya tekstur dan aroma yang mirip-mirip gitu ya? 

Awalnya cari informasi tentang Eureka Adult ini lumayan susah. Karena aku beli Eureka dalam kemasan repack, jadi informasi seperti produsen dan lain-lainnya ga tercantum. Sempat juga tanya drh dan owner Pow Pow Pet Shop yang akrab aku panggil Mbak Chevi tentang Eureka, beliau bilang Eureka bagus buat kucing. Akhirnya ketemu dengan sebuah posting review Eureka Adult di website Seputar Kucing. Dalam posting ini, tertera jelas kandungan nutrisi dan ingredients Eureka, berikut ingredients Eureka Holistic Cat yang aku kutip dari posting di Seputar Kucing :
Nutrition Facts :
Moisture: 10,0 Maximum
Protein: 32,0% Minimum
Fat: 18,0% Minimum
Ash: 7,0% Maximum
Fiber: 6,0% Maximum
Calcium: 1,2% Minimum
Phosphorus: 1,0% Minimum
*Omega 3 Fatty Acid: 0,29% Minimum
*Omega 6 Fatty Acid: 1,64% Minimum
*Yucca Extract 250 ppm Maximum
ME (Metabolizable Energy): 3710 kcal/kg
*Not recognized as an essential nutrient by the AAFCO Dog Food Nutrient Profiles.
Ingredients :
Turkey and Turkey Meal, Brown Rice, Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols and Citric Acid), Dried Eggs, Natural Flavors, Cellulose, Beet Pulp, Fish meal, Tomato Pomace, Flax Seed Meal, Brewer’s Yeast, Fruits and Vegetables (Potatoes, Peas, Spinach, Cranberries, Carrots, Apples), Potassium Chloride, Choline Chloride, Salt, Inulin (source of Fructooligosaccharides), DLMethionine,Taurine, Preserved with Mixed Tocopherols and Citric Acid, Green Tea, Yucca Schidigera Extract, Vitamins (Vitamin A Acetate, Vitamin D3 Supplement, Vitamin E Supplement, Vitamin B12 Supplement, Riboflavin Supplement, Niacin, Calcium Pantothenate, Folic Acid, Menadione Sodium Bisulfite Complex (Source of Vitamin K Activity), Pyridoxine Hydrochloride, Thiamine Mononitrate, Biotin), Minerals (Iron Sulfate, Zinc Oxide, Manganous Oxide, Copper Sulfate, Cobalt Carbonate, Ethylenediamine Dihydriodide, Sodium Selenite), Chelated Minerals (Iron Amino Acid Chelate, Manganese Amino Acid Chelate, Zinc Amino Acid Chelate, Copper Amino Acid Chelate), Dried Lactobacillus Acidophilus Fermentation Product, Dried Lactobacillus Casei Fermentation Product, Dried Lactobacillus Planatarum Fermentation Product and Dried Enterococcus Faecium Fermentation Product, Rosemary.

Bahan-bahan utama yang jadi unggulan Eureka meliputi Turkey & Turkey Meal (kalkun dan lemak kalkun), Brown Rice dan Chicken Fat. Dalam keterangan ingredients yang aku kutip dari Seputar Kucing tertera NOT RECOGNIZED AS AN ESSENTIAL NUTRIENT BY THE AAFCO DOG FOOD NUTRIENT PROFILES. Agak concerned sih ada keterangan seperti itu dan yang paling bikin bingung adalah DOG FOOD! OMG! Ini makanan kucing atau makanan anjing sih? Untungnya ada hasil postingan dari Truffy & Atira wordpress yang mana penulis juga mereview makanan Eureka dan mendapatkan keterangan pada fresh pack Eureka yang menyebutkan kalau bahan-bahan Eureka sudah diakui oleh AAFCO (Association of American Food Control Officials). Keterangan tersebut ada di foto gambar kemasan Eureka.
“Eureka cat food is formulated to meet the nutrition levels established by the Association of American Food Control Officials (AAFCO) Cat Food Nutrient Profiles for all life stages”
Lah, dikemasannya Cat Food Nutrient Profiles? Kenapa informasi dari Seputar Kucing Dog Food? Yang bikin makin rancu adalah Cat Food Nutrient Profiles for all life stages. Kok ada keterangan all life stages? Padahal ada Eureka buat Kitten. Kembali ke post yang ada wordpress-nya Truffy & Atira, menyebutkan kok makanan kucing holistic harganya bisa murah dan ada di super market? Soalnya menurut pandanganku, makanan kucing kelas holistic (which biasanya harga mahal selangit) dijual di pet shop ternama atau klinik hewan. I’m so confused and totally lost! Berikut ingredients Eureka Adult yang aku dapat dari laman blog Truffy & Atira.
Makanya aku memutuskan buat dig deeper tentang makanan kucing ini. Pada kemasan fresh pack hanya tertulis Manufactured by Eureka Pet Food Company, tanpa keterangan asal negara, alamat perusahaan dan informasi lainnya. Ouch, kok makin curiga ya sama makanan kucing ini? Menurut Truffy &Atira, keterangan seperti ini cuma ada di Eureka kemasan 1,2 kg. Kalau Manufactured For artinya ada yang bikin selain perusahaan Eureka ini. Pertanyaannya adalah, siapa yang bikin dan untuk siapa? Ada juga rumor yang beredar di kalangan sesama cat lovers bahwa Eureka ini adalah makanan kucing curah yang di kemas kembali dan di beri merk sembarangan yang asalnya dari Thailand atau Tiongkok. Lalu aku teruskan pencarianku dan ketemu sebuah laman website eurekapetfood.com. Ternyata website itu bukan website resmi Eureka cat food feliners, melainkan website produk raw food untuk hewan peliharaan khususnya anjing dan juga produk raw food ini ga dijual di Indonesia. Semakin bingung aja sama informasi Eureka.

Cat Point of View
Despite kecurigaanku sama Eureka, setelah para kucing makan Eureka Adult selama kurang lebih 1 minggu sampai habis, kegiatan buang air si kucing terlihat masih normal. Kebetulan Lela waktu itu lagi hamil kan. Sekarang anak-anak Lela sudah diadopsi dan Lela kembali melahirkan 4 ekor kitten yang sekarang* lagi disusui. Harus kucing bunting dan menyusui sih makan makanan kucing khusus menyusui atau makanan kitten, which I totally forget about! Untungnya kegiatan menyusui Lela lancar dan anaknya terlihat nyaman nyusu Lela. Ga ada tanda-tanda Lela kehabisan air susu yang bikin anak-anaknya rewel. Ada cerita lucu setelah Lela melahirkan pertama kali. Lela ini sering tiba-tiba ninggalin anak-anaknya buat nyusulin aku di lantai bawah. Setiap aku ke bawah buat makan dan lainnya, Lela selalu ngikutin. Sempet sih aku pindahin sarang menyusui Lela ke lantai bawah pakai kotak kardus besar, heran banget si Lela SELALU mindahin anak-anaknya kembali ke atas. Sarang menyusui Lela sekarang ini ada di kamarku, tepatnya di bawah korden jendela dan di antara sela-sela rak. Banyak deh sarangnya Lela.
Anyway, pertama kali aku bawa Eureka Adult ke rumah, Lela langsung nyamperin dengan girang dan langsung lahap menyantap Eureka Adult. Aku sih selalu test drive dulu sama makanan kucing baru dengan cara ngasih makanan baru langsung ke kucing. Kalau suka kan berarti proses pergantian makanannya ga terlalu sulit dan lama. Kalau ga suka harus lebih sabar dan telaten dalam mengganti makanannya. Buang air kucing-kucingku masih normal dan hampir sama sekali ga ada masalah yang berarti. Poopnya malah lebih solid sih. Cuma sekarang poop mereka jadi lebih keras aja gitu. Poopnya kering warna coklat gelap.

Conclusion
Karena tau bahwa Eureka dicurigai kualitas dan produsennya, aku jadi lebih hati-hati dalam memilih makanan kucing. Tapi ga munafik juga kalau Eureka Kitten udah dikonsumsi oleh kucing-kucingku selama 3 bulan (sejak bulan Februari 2016 sampai bulan April 2016) karena efeknya bagus buat kucing-kucingku dan semua kucingku lahap. Masih penasaran sih siapa sih produsen makanan ini? Kalau ada yang tau mohon info ya. Bahkan Mbak Chevi merekomendasikan Eureka karena Eureka ini tergolong dalam makanan kucing grade holistic. Buat ukuran makanan kucing holistic Eureka ini termasuk makanan kucing dengan harga sangat terjangkau! Karena akunya paranoid sendiri makin lama mengakses ada forum kucing yang membahas tentang Eureka ini, finally aku switch ke makanan merk lain.
Saran buat feliners yang mau memilih makanan kucing merk baru, lebih hati-hati aja ya dalam membeli. Jangan mentang-mentang harganya murah lalu langsung di beli. Buat kucing jangan sembarangan. Sekian review makanan kucing Eureka Adult dari The Cat Sound, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semuanya. Ciao! Thank you for reading The Cat Sound!
*Sekarang adalah pada saat review terbit pada bulan October 2016.

18 comments:

  1. cek di web ini bro http://eurekaholistic.com/

    ReplyDelete
  2. jangan beli eureka, kucing saya muntah muntah dan pup nya mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Alfisyahri,

      Kucing saya baik-baik aja. Tiap kucing punya selera dan pencernaan berbeda :)

      Delete
    2. Itu grgr ngasih makan nya gak dicampur makanan merk sebelumnya kali, jd dia kaget. Kan emg harus bertahap kalo mau ganti merk makanan

      Delete
  3. Sy baru pertma kali pake eureka. Alhamdulillah, poop nya normal, pips ny juga normal. Makan ny lahap lagi, sy beli kemasan 1,5 kg. 2 kantong, untuk sbulan. Eehh malah blm sbulan udh habis. Dan tiap pergantian pakan, sy slalu kasih lsg. Tanpa campur2 dlu..

    ReplyDelete
  4. Baru coba eureka baru seminggu & kucingku lahap jg makannya..untuk pupy jg ga da masalah malah lebih bgus pupynya

    ReplyDelete
  5. Aku pake eureka kitten, so far ga ada masalah.
    Poop & pipis nya normal, tambahan bulu nya ga rontok setelah pake eureka.

    ReplyDelete
  6. Wadaaw bru ajj aku order klo gini cerita'a krn terlanjur sudah beli dicoba dulu lah semoga ga ad masalah dikedepan'a... untuk pertama dan terakhir...
    Boleh minta saran makanan yg lebih recommended aku udh coba PROPLAN,RC,FRIESKIES... dan ini yg ke 4 EUREKA... aku minta saran makanan yg bagus untuk kitten dong.... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kuat, royal canin aja....klo mau yg murah tp bagus, im organic tp yg adult sm yg baby and mom... Klo yg Indonesian best sm kitten formula kyknya kurang bagus

      Delete
  7. Haloo kak . Eureka kitten di tempat aku masih 23rb sih . Sepengalamanku kalau kucing2ku uda mulai keliatan aga kurus langsung aku kasih ureka kitten . galebih dr seminggu badannya langsung padet berisi lanhsung bulet2. Poopnya normal malah warnanya hijau poopnya . Dan kata petshopnya ureka kitten proteinnya memang tinggi. Cuma sayangnya 1 . Karna makanannya ini ga kering agak oily gitu kan jadi ga bisa stok banyak . Kl ga cepet jamurannya. Over all ini bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru coba eureka skrg, utk 8nanabul pake Rc n PP agak berat yaa..n alha6 ketemu yg holistik n murah..anabul jg suka..aku beli yg kitten n adult yg seafood UK 500gr freshpack, lbh doyan yg kitten..makan eureka,smua normal n emg poopnya jd berwarna hijau (spt poop kudašŸ¤­)tp padat n ga berbau..
      Rencananya mau beli yg karungan cari² dpt harga 420k utk UK 9kg cm emg blm beli c,mknya sblm beli mau pastiin dl produknya aman apa ga..
      Kira² bnran aman ga c..x ja disini ada yg sdh pake ini lama utk anabulnya..

      Delete
  8. https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    ReplyDelete
  9. Halo izin komentar juga ya, kucing sy jg bru coba merk eureka adult turkey ini. Sebelumnya selalu pake merk coucou all varian, tpi mereka udh pd bosen. Jdi aku coba merk eureka ini. Efeknya sih Alhamdulillah bagus, kucing2 saya makin gemuk dan bulunya jdi makin tebel. Tpi untuk kucing saya yg persian bulunya msh rontok, sedangkan kucing sy yg domestik bulunya jdi gk rontok. Tpi poopnya jdi bau bgt, dlu pas pake coucou pip dan pupnya lmayan berkurang baunya. Untuk websitenya setau sy ada 2, bisa diakses eurekaholistic.com dan juga via website bestinshow.com. sy klo beli jg biasanya via tokped bestinshow

    ReplyDelete