Jan 6, 2017

Review Makanan Kucing: Blackwood Adult Chicken Meal & Brown Rice Dry Food

Dear feliners. Apa kabar feliners? Semoga feliners dan rombongan anak-anak bulu selalu senantiasa sehat sentosa. Masih dalam suasana tahun baru nih feliners. Have you done with your 2017's resolution yet? Review makanan kucing dari The Cat Sound kali ini akan membahas pakan kucing merk Blackwood. Yes, hutan hitam shay! Banyak banget cat lovers maupun juga cat parent di forum maupun diskusi mengenai makanan kucing merekomendasikan Blackwood. Karena penasaran, akhirnya memutuskan buat beli Blackwood*. Blackwood yang akan aku review yaitu varian Adult Cat Food. Yuk simak review Blackwood Adult!

Packaging & Price
Blackwood aku beli kemasan freshpack karena pingin tau informasi tentang Blackwood lebih jauh lagi. Aku beli satu bungkus Blackwood Adult isi 1.82 kg seharga IDR 155.000 di Griya Satwa Lestari. Berikut penampakan freshpack Blackwood Adult yang aku beli (Lela nampang jagain Blackwood dengan muka super super jutek galak nan manja nih feliners) :

Flavor
Varian yang aku pilih adalah Blackwood Adult Chicken Meal & Brown Rice. Awalnya bingung karena varian Blackwood untuk kucing adult ini lumayan banyak yang ada di Griya Satwa Lestari antara lain ada Blackwood Indoor Cat, Blackwood Kitten dan Blackwood Outdoor Cat. Karena kurangnya informasi dan pengetahuan awal tentang makanan ini, jadilah beli Blackwood Adult Chicken Meal & Brown Rice.

Texture & Ingredients
Tekstur Blackwood ini renyah, rapuh dan empuk buat dry food. Bentuk kibble-nya bunga bintang dengan lubang di tengah. Warna kibble-nya krem terang dan agak berdebu. Kurang tau kenapa teksturnya berdebu, mungkin karena ada di kemasan terlalu lama atau emang dari sononya berdebu. Berikut penampakan kibble Blackwood Adult (maaf foto kibble-nya ga terlalu jelas) :
Aroma makanan Blackwood agak subtle, aromanya mirip cereal ala ala bubur gandum kemasan. Aroma ikan dan sebagainya kurang tercium mungkin karena rasa Blackwood yang aku pilih adalah rasa Chicken Meal & Brown Rice. Baru pertama kenal dan bakalan membiasakan diri. Menurut review Blackwood Kitten dan Blackwood Adult yang ditulis oleh Radio Kucing, mba Juwies bilang buat orang yang tau gimana kualitas kucing pasti langsung tau kalau Blackwood ini punya kualitas yang oke. Tapi ya aku ga suka aja sama aromanya. Mungkin karena mungkin baru awal banget kan kenalan sama Blackwood ini terutama lagi kenalan sama pakan kucing grade grain-free. Apa iya pakan kucing grain-free aromanya begini semua kali ya? Well, ini artinya aku harus cari pakan grain-free lainnya nih feliners *menyiapkanpemakamandompet*.
Di kemasan Blackwood juga tertulis Slow Cooked PetNutrition. Informasi yang ada di website Blackwood juga menjelaskan Slow Cooked ini artinya makanan kucing merk Blackwood dimasak dengan perlahan jadi kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam bahan-bahan awalnya ga berkurang atau rusak. Berikut keterangan ingredients dan keterangan lain yang tertera di kemasan Blackwood Adult :
Ingredients yang ada di Blackwood ini banyak banget. Keliatan banget ya feliners emang Blackwood ga pakai grain di bahan pakannya. But, aku masih bingung kenapa ada bahan Brown Rice. Jadi nasi ga termasuk grain ya? Jadi emang aku anaknya kepo banget feliners. Ya aku cari apa aja yang termasuk dalam jajaran si GRAIN ini dan kenapa pakan kucing yang grain-free harga mahal (katanya lebih bagus ketimbang yang mengandung sebangsa grain). 
Karena penasaran banget kan kenapa bisa disebut grain-free cat food, aku sedikit cari informasi tentang grain dan juga grain-free cat food. “Grains are small, hard, dry seeds, with or without attached hulls or fruit layers, harvested for human or animal consumption,” dari sumber Wikipedia. Sedangkan menurut Hills Pet grain-free cat food adalah grain free cat food is just what its name describes–a cat food made free of grains. Common grains found in cat food include wheat, corn gluten meal, and rice. Terus kan bahan-bahan yang ada di Blackwood ini masih mengandung grain antara lain, rice, millet, sorghum dan yeast. Jadi beneran ya feliners Blackwood ini adalah pakan grain-free karena grain-free yang sering ditemukan pada pakan kucing meliputi wheat, corn dan rice.
See? There is an advantage of being kepo! Jadi bahan yang ada di Blackwood seperti Brown Rice, Ground Grain Sorghum (sejenis jagung), Millet ini ga termasuk dalam kelompok grain. Ada tiga poin yang tertera di kemasan Blackwood, yaitu 30% Protein, 17% Fat dan 3% Fiber. Jadi pemahamanku protein yang ada di pakan Blackwood ini dari protein ayam. Well, karena rasa pakannya Chicken Meal kan? Dan juga ada gambar ikan di kolom protein. Blackwood juga mengandung Omega 6 dan Omega 3 yang baik untuk kesehatan kulit dan bulu. Poin terakhir adalah serat untuk menunjang kesehatan pencernaan. And, yang paling penting dari makanan kucing adalah kita tau siapa produsen atau distributor yang mengimport makanan tersebut. Kalau pakan holistic begini pastinya sih asal usul jelas. Blackwood adalah salah satu merk pakan hewan peliharaan asal Ohio, USA. Pada kemasan tertulis “Manufactured For” artinya bukan Blackwood sendiri yang memproduksi atau membuat pakan. Tapi ada pihak lain yang memproduksi. Karena ga nemu informasi siapa yang memproduksi pakan Blackwood, jadi ya aku simpulkan pakan Blackwood bermarkas di 38281 Industrial Park Road, Libson, Ohio USA 44432. Informasi di website Blackwood juga SANGAT RAPI dan LENGKAP! Jadi gampang kalau mau cari informasi terkait Blackwood. Feliners bisa langsung visit website Blackwood di www.blackwoodpetfood.com.
Varian Blackwood yang ada di Indonesia, khususnya Semarang masih sangat sedikit. Paling cuma ada varian buat adult & kitten. Di website untuk Cat Recipe ada Everyday Adult Recipe, Everyday Indoor Recipe, Everyday Outdoor Recipe, Senior Cat & Kitten. Bahkan Blackwood punya varian wet cat food juga loh. Sayangnya aku belum nemuin varian-varian tersebut. Akhir-akhir ini udah jalan pet shop exploring nih feliners. Lagi banyak kerjaan dan kegiatan. Next time deh akan explore pet shop jadi bisa tau varian Blackwood apa aja yang dijual di Semarang. Tapi dilapak-lapak online aku nemuin varian Blackwood lain seperti Senior Cat dan wet food-nya.

Cat Point of View
Dari hasil pengamatanku, first impression kucingku sama Blackwood kurang tertarik. Karena aromanya sama sekali ga amis dan menyengat mungkin bikin kucingku cuek dan ga doyan. Karena masih transisi pakan lama ke baru masih aku campur dengan Optima Seafood Mix. Padahal udah dicampur kan sama makanan lama mereka. Tebakanku sih kenapa mereka awalnya kurang minat sama Blackwood karena aromanya asing ga kayak aroma makanan kucing yang amis dan bau ikan. Karena mereka terbiasa sama aroma makanan kucing yang menyengat gitu kan. Optima Seafood Mix yang notabene aromanya super duper khas ikan. Pada ga ngerti ya ini tuh makanan mahal L. Aku biarin mereka datengin foodbowl satu per satu. Mereka ga langsung mau makan Blackwood, jadi aku biarin dulu mereka PDKT sama makanan barunya. After a little while, akhirnya Lela menyerah mulai makan Blackwood karena mungkin ga bisa menahan rasa lafar yang mendalam. Mungkin juga karena ga ada pilihan makanan lain kali ya jadi ya harus makan yang ada. Sejak awal juga Lela yang kayaknya paling antusias sama Blackwood. Setelah Lela memulai, lalu kucing-kucing lainnya juga mulai deketin foodbowl. Makannya sampai kriuk kriuk gitu saking renyahnya si Blackwood. Para kittens juga menyusul makan Blackwood. Blackwood yang aku beli ini kan buat kucing adult tapi para kittens sih ga kesusahan makan Blackwood padahal sih kibblenya lumayan gede loh. Next time, bakalan cobain Blackwood Kitten deh. Tapi, mereka kelihatan ga nafsu makan dan kurang doyan sama Blackwood.
Berdasarkan informasi yang aku dapat dari temen sesama cat lovers, Mba Dena. Kucing Mba Dena ini juga awalnya kurang suka sama Blackwood. Menurut Mbak Dena karena aromanya kurang sedep dan semacem cereal. Hidung Mba Dena sama seperti hidungku ya? Mba Dena terus maksa kucing-kucingnya buat makan Blackwood tapi hasilnya nihil. Mungkin kucing Mba Dena udah jatuh cinta sama makanan dia yang sebelumnya ya. Sebenernya memang kucing itu sifatnya cocok-cocokan. Walaupun kucing serumah cocok makan makanan kucing merk tertentu, belum tentu juga loh kucing lain akan suka. Akhirnya karena frustasi juga kan kucing-kucing Mba Dena tetep ga mau makan, Mba Dena kasih Blackwood buat kucing stray yang sering lalu lalang di rumahnya.
By the way, Blackwood isi 1,82 kg ini ternyata bertahan lumayan lama sih yaitu satu bulan dengan keadaan kucing 5 ekor**. Karena ga tega tiap hari kucingku makin ga doyan makan Blackwood I had to stopped it. Kasian kan kalau mereka ga nafsu makan dan ga doyan makan. Efek buat para kucingku sampai akhir mengkonsumsi Blackwood baik-baik aja. Tapi ya gitu, habisnya lama banget, makannya sedikit dan agak ga nafsu makan. Selama makan Blackwood ini, aku masih sering campur sama Optima sih buat kasih aroma aja. Karena mereka ga doyan, aku jadi sering street feeding ke kucing stray dan kadang sediain Blackwood ini di balkon rumah buat makan para kucing stray. Setelah beberapa lama makan Blackwood dengan campuran Optima, poop kucing-kucingku masih dalam keadaan solid dan warna gelap. Pernah sih sesekali poop mereka terlalu solid (keras) tapi warnanya masih bagus. Bau kotoran si kucing juga masih normal.

Conclusion
Well, lesson learned dari Blackwood ini adalah kucing ga selalu suka dan doyan dengan pakan kucing mahal grade holistic atau grain-free. Selera kucing berbeda ya feliners. Padahal aku berharap banyak dengan Blackwood ini loh. Anyway, Blackwood ini sangat recommended buat feliners yang ada di rumah dan juga pingin mencoba makanan kucing grain-free buat para kucing. Harganya juga masih masuk akal sih. Ya dengan harga segitu udah bisa dapet pakan kucing sekelas grain-free holistic gitu kan udah bagus. Coba dibandingkan sama Royal Canin, Nutri Source dan Pro Plan, Blackwood ini masih terjangkau. Royal Canin freshpack isi 2 kg seharga sekitar 250 ke atas, sedangkan Blackwood cuma 150an dengan isi hampir 2 kg.
RATINGS : 3 stars (walaupun kualitas holistic, kucingku tetap ga suka)
REPURCHASE : Maybe NO

WHERE TO BUY : Blackwood ini termasuk makanan kucing kualitas bagus loh feliners, jadi kayaknya ga semua pet shop menjual Blackwood. Tapi kalau dilapak online tuh, banyak!
Bisa dilihat kan dari review di atas kalau kucing-kucingku kurang suka dan malah ga doyan sama Blackwood. Lama banget habisnya, satu wadah Blackwood bisa sampai sebulan. Akhirnya aku kasih ke kucing stray di daerah rumahku. Adakah feliners yang menggunakan Blackwood untuk para pasukan anak berbulu? Gimana efeknya? Mereka doyankah? Kalau emang doyan dan berefek bagus, teruskan feliners! Review ini dari point of view kucing-kucingku. Sekian review makanan kucing Blackwood Adult Chicken Meal & Brown Rice dari The Cat Sound. Semoga review ini berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semua. Nantikan review makanan kucing merk lain hanya di The Cat Sound! Thank you for reading The Cat Sound.

*Review Blackwood ditulis pada bulan Februari 2016
**Kucing 5 ekor pada bulan Februari 2016, sekarang bulan Januari 2017 ada 8 ekor kucing
**Disclaimer: review di atas merupakan review dari pandangan, perspektif serta pengalaman pribadi dari penulis. Jika ingin menyalin atau mengutip harap link ke www.thecatssound.blogspot.co.id.

5 comments:

  1. Skrang dikasi makan apa kucingnya ?

    ReplyDelete
  2. Hai, sekarang masih pelihara kucing kah ? Dan merk apa dryfood mereka ? Tx

    ReplyDelete
  3. Sekarang Saya guna royal canin hair and skin..kalau Saya tukar blackwood adult sesuai atau Tak?

    ReplyDelete