Jan 10, 2017

Review Vitamin Kucing: Ketwool Drops Vitamin Pertumbuhan Bulu Kucing

Hi, hey, you feliners. Apa kabar? Semoga kabar baik buat para feliners dan si kucing. Post ini adalah post perdana kategori baru di The Cat Sound yaitu Review Susu, Vitamin & Obat Kucing. Udah lama nyiapin post buat kategori ini tapi baru sempat aku launch sekarang. Well, post perdana kali ini The Cat Sound akan mereview vitamin kucing, tepatnya vitamin pertumbuhan bulu kucing. Feliners pasti kepingin dong bulu kucing bersih, panjang, lebat dan ga rontok? Terutama pemilik kucing long hair nih. Bulu rontok adalah mimpi buruk buat kucing dan juga pemilik.
Beberapa bulan lalu, tepatnya sekitar bulan Februari sampai April 2016 kucing-kucingku kayaknya lagi happening banget yang namanya rontok bulu dan berjatuhan dimana-mana. Udah disapu, eh masih ada melulu. Terus aku sengaja cari vitamin pertumbuhan bulu kucing supaya bulu rambut kucing-kucingku seenggaknya berkurang gitu rontoknya. Ketemulah sama Ketwool Drops ini nih di pet shop. Yuk simak review Ketwool di bawah!

Packaging & Price
Kemasan Ketwool ini seperti kemasan tetes mata pada manusia. Aku beli Ketwool Drops di Galaxy Pet Shop di daerah Banyumanik Semarang (pusatnya di Java Mall Semarang) dengan harga IDR 17,000. Harga Ketwool Drops di Semarang termasuk yang paling murah, mungkin karena pabriknya juga di Semarang ya? Di beberapa lapak online yang ada di daerah lain Ketwool Drops bisa dijual sampai IDR 30,000!

Texture & Ingredients
Cairan yang ada di dalam kemasan Ketwool Drops berwarna putih bening, cenderung transparan. Ga lengket dan tanpa butiran-butiran bikin kucingku lebih gampang menelan. Vitamin bulu ini di buat di Semarang oleh Eka Farma. Kesan pertama sama vitamin bulu ini agak skeptic karena kemasannya agak super biasa dan label kemasannya cuma kertas disolasi (maaf). 
Setelah aku akses websitenya, website asli dengan ekafarma.com susah diakses. Malahan website ekafarma.wordpress.com-nya tersedia informasi yang lumayan lengkap. Sekarang ini Eka Farma udah pindah dari yang tadinya berlokasi di Imam Bonjol. Lokasi lama Eka Farma ini sekarang ditempati Sate House. Aku kurang tau dimana lokasi Eka Farma sekarang. Mungkin adakah feliners yang tau lokasi Eka Farma saat ini? Let me know! Berikut ingredients Ketwool Drops yang aku kutip dari wordpress Eka Farma :

KETWOOL (Deptan RI No. DPS 0260 FTC)
Komposisi / Tiap botol mengandung :
–       Lysin                    5 mg
–       Panthotenat        12 mg
–       Vitamin B2          9 mg
–       Nicotinamid        6 mg
–       Vitamin b1         3 mg
Indikasi :
Mempercepat pertumuhan bulu, mencegah bulu rontok, membuat bulu mengkilat, lembut dan panjang.
Aturan pakai : Sehari diberi 2-3 tetes.
Kemasan 15 ml/btl Harga Rp. 11.500
Kemasan 60  caps/btl Harga Rp. 60.000


Bahkan dari sononya, Ketwool emang dijual sangat terjangkau dan ga lebih dari IDR 12.000! Aku sih belinya IDR 14.000, selisih 2 ribu it’s okay lah daripada selisihnya sampai 100% gitu kan. Indikasi Ketwool antara lain mempercepat pertumbuhan bulu, mencegah bulu rontok, membuat bulu mengkilat, lembut dan panjang. Ga ada indikasi mengobati bulu rontok sih. Tapi mempercepat pertumbuhan bulu juga oke karena hampir memenuhi kebutuhan kucing-kucingku. Vitamin bulu Ketwool ini udah terdaftar di Dinas Pertanian dan Kehewanan RI ya feliners, so you got nothing to worry about!

Menurut sumber dari Amazine, fungsi L-lysine atau dalam bahasa Indonesia Lisin salah satunya untuk proses penyerapan kalsium di saluran pencernaan. Asam amino ini memfasilitasi produksi enzim, hormon, antibodi, serta membantu pembentukan protein otot. Lisin membantu dalam sintesis kolagen, komponen penting dari tulang dan jaringan ikat. Selain itu, L-lisin turut merangsang produksi kreatinin yang bertanggung jawab untuk mengubah asam lemak menjadi energi. Menurut sumber dari Darrylkosambipet, panthotenat atau asam pantotenat atau juga sering disebut vitamin B3 untuk memelihara jaringan kulit. Sama dengan Pantotenat, menurut sumber dari Mrasyiduddin. Nicotinamid juga adalah vitamin B3 yang fungsinya untuk menyerang virus ditubuh dan bagus untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Bahan-bahan diatas rata-rata berfungsi untuk maintain pencernaan, tulang dan kulit.
Well, ada untungnya juga kepoin bahan-bahan Ketwool jadi aku bisa tau kandungan-kandungan dan fungsi kandungan tersebut. Kandungan diatas udah umum ada di vitamin manusia dan hewan. Bahkan kucing juga bisa mengkonsumsi vitamin B12 (vitamin ipi) loh. Ingat ya feliners, penggunaan vitamin yang over juga ga baik buat kucing.

Cat Point of View
Efek Ketwool lumayan lama terlihat di kucing-kucingku. Udah 2 minggu pakai Ketwool, aku juga belum bisa melihat perubahan signifikan pada kucing-kucingku. Udah abis sekitar 5-6 botol. Boros gitu soalnya di rumahku ga cuma ditinggali oleh satu kucing. Yang paling parah rontok adalah si Lela & Cleo. Lela mulai pitak dan rontok di bagian ekor, begitu juga dengan Cleo. Daerah pitak di badan mereka juga belum ditumbuhi bulu-bulu baru, masih sama seperti sebelumnya. Setelah habis beberapa botol pun aku masih belum bisa melihat perubahan bulu Lela & Cleo. Mungkin efeknya lama kali ya? Karena penasaran tetep dong aku pakai Ketwool sampai at least aku lihat ada perubahan walaupun cuma sedikit. 
And, finally, perubahan yang aku harapkan terjadi juga feliners. Bukan perubahan besar sih, tapi ini udah bisa dilihat. Sebelum pakai Ketwool tiap pegang Lela selalu ada bulu yang ikutan nempel ditelapak tangan. Dan, bulu yang nempel ditelapak tanganku mulai mengurang. Yey! Kalau Cleo sih belum ada perubahan yang berarti karena yang paling parah si Cleo. Mungkin aku akan konsultasi ke vet nih feliners tentang kondisi Cleo. Aku ga kasih Ketwool ke kittens karena para kittens juga menurutku belum perlu-perlu banget dikasih vitamin bulu Ketwool. Lagipula di wordpress Eka Farma ga ada imbauan atau keterangan apakah vitamin bulu Ketwool ini bisa dikonsumsi kittens atau hanya bisa dikonsumsi oleh kucing dewasa aja.

Conclusion
After all, menurutku vitamin bulu Ketwool ini bisa dicoba feliners ke kucing feliners. Masih layak buat dicoba lah dan bisa buat simpenan vitamin sehari-hari kucing. Tapi, yang namanya vitamin kan enggak langsung ngefek instan ke kucing kan? Makanya kalau pakai vitamin apa aja, entah itu vitamin bulu, vitamin penambah nafsu makan dll sifatnya sih buat mengurangi. Mengobati mungkin bisa, tapi ga seoptimal kalau kita pakai obat. Ada juga kok feliners obat khusus pertumbuhan bulu atau perawatan bulu buat kucing yang kasusnya udah parah. Aku putuskan buat berhenti pakai Ketwool karena aku sendiri ngerasa skeptical sama produk ini (aku not intentionally memandang produk ini buruk). Buat pengalaman aja feliners. Sekian review vitamin bulu Ketwool dari The Cat Sound. Semoga review ini berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners. Sampai ketemu di review berikutnya. Ciao! Thank you for reading The Cat Sound!

1 comment:

  1. Sebenerny sih td saya iseng surf penyakit kucing.eh malah ngelihat pict ini trs pnasaran.
    Kalo anabul" saya blm prnah thu dikasih vitamin"kaya gini.
    Saya punya 2ras anabul.dari pertama adop kondisiny y bs dbilang gt deh.jamur.rontok dll
    (Ini karena gk tega ngelihatny.trs saya beli.walau gk seberapa.istilahny Ganti uang pakan😊) n alhamdulilah sekarang udh pd ganteng n cantik.
    Dirawat pake kasih sayang yg tulus😂
    Pingin coba vitamin b12IPI.iseng buat nambah energi😂
    Sebenarny kan vitamin kaya gini udh ada dimenu makany.
    Entah itu dari df or wf.kalo b12 lebih banyak di wf(daging"an)gitu

    ReplyDelete