Dec 8, 2016

Review Pasir Kucing: Philo Bentonite Cat Sands

Hi feliners! Apa kabar semuanya? Tibalah ke edisi review pasir kucing lagi nih feliners. Kali ini yang akan aku review adalah merk Philo. Kebanyakan pasir kucing ini buatan lokal. Biasanya sih diproduksi di daerah yang punya tambang pasir karena bahan utama pasir kucing kan ya pasir. Simak review di bawah ya.

Packaging & Price
Philo yang aku beli kemasan isi 6 Liter harga IDR 35,000 di Kasih Satwa. Packaging Philo ini warna orange nyala dengan model kucing hitam solid dan tabby. Pernah juga beli kemasan isi 10 L harga IDR 75,000 setelah nyobain kemasan kecilnya.

Texture, Ingredients & Scent
I have to say, suka banget sama wanginya! Wanginya ga bikin enek dan harumnya macem pewangi ruangan gitu. Harum bunga. Di kemasan sih ga ada keterangan pasirnya wangi apa. Tapi seriusan deh, wanginya enak bener. Tiap aku refill ke litter box, wanginya keluar dan hebatnya tiap kucingku pakai litter box wangi pasir ini langsung keluar loh! Seperti pasir bentonite lain, pasti ada butiran pasir berwarna lain. Nah butiran pasir ini nih yang merupakan parfum dari pasir kucing. Butiran pasirnya besar-besar berwarna putih kusam. Butiran warna biru dan pink-nya lumayan banyak, mungkin karena inilah pasir Phili jadi super wangi. Wangi pasirnya ampuh menggantikan bau ga sedap kotoran kucing yang biasanya bermunculan saat kucing baru aja buang air. Bahkan Philo masih bertahan wangi setelah beberapa hari. Kalau udah lama ditubi kotoran wanginya makin berkurang. Keseluruhan, suka aja lah sama wangi pasir Philo. But but but, nothing is perfect. Walaupun wanginya juara, tekstur butiran pasirnya berdebu dan halus. Jadi kalau ketebar di udara agak ga nyaman buat pernafasan. Lihat foto dibawah ini. Aku pegang butiran pasir Philo pakai tangan dan banyak debu menempel di tanganku :

Performa clumping pasir Philo juga standar seperti pasir bentonite wangi pada umumnya. Bisa clumping pipis dan poop. Pasir ini juga lumayan bisa tahan ditimpa kotoran berulang-ulang. Aku kan sangat pelupa, kalau ga aku bikin reminder ganti atau beli pasir kucing hancur lah hariku! Aku bersihin litter box dan buang kotoran sehari dua sampai tiga kali. Parahnya pernah seharian lupa. Pasir ini bisa menahan cobaan yang bertubi-tubi, which aku suka. Minus pasir ini pas abis clumping pipis atau air. 
Pasir bentonite pada umumnya kan emang kalau kena air langsung ngegumpal. Philo langsung meninggalkan bekas pasir bawah yang berubah warna tapi ga bisa di scoop karena teksturnya debu halus. Tekstur butiran pasir halusnya itu jadi berat gitu. Parahnya lagi pasir yang udah berubah warna ga bisa pakai ya bakalan mengendap gitu aja di bawah. Jadi boros, pasir yang gabisa dipakai mengendap jadilah harus ganti pasir. Pasir Philo diproduksi oleh CV. Shakti Philo Mandiri. Informasi di internet sangat minim tentang pasir Philo dan produsennya. Yang ada dikemasan cuma Jawa Timur - Indonesia.

Cat Point of View
Kucingku sangat terbiasa pakai pasir bentonite wangi. Mereka hampir ga ada keluhan atau masalah saat menggunakan pasir. Dan, semua kucingku punya kebiasaan yang lucu dan juga ngeselin yaitu suka acak-acakin litter box-nya sampai isi litter box kadang tercecer keluar. Untung aja aku selalu kasih alas kertas koran bekas di bawah. Semua kucingku aku biasakan buat buang kotoran di pasir sejak kecil. Jadi nanti saat besar akan terbiasa.

Conclusion
Suka sama wangi pasir Philo ini! Tapi masih ada minus buat clumping pipis hasilnya jadi ga begitu bagus, pasirnya jadi basah berubah warna dan malah mengendap di bawah. Bua clumping poop hasilnya lumayan lah, bisa menghilangkan bau busuk dari kotoran kucing.

By the way, feliners biasa pakai pasir apa? Bentonite atau zeolit? Merk apa yang sering dipakai? Well, sekian dulu review pasir Philo dari The Cat Sound. Semoga review ini berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semua ya! Nantikan review pasir dan kebutuhan kucing lainnya cuma di blog The Cat Sound. Ciao ciao feliners!

No comments:

Post a Comment