Dec 24, 2016

Review Obat Kucing: Detick Obat Tetes Anti Kutu Asal Thailand

Dear feliners. Halo feliners dan para anak bulu! Apa kabar? Baik-baik aja kan? Semoga yang sakit segera diberi kesehatan, yang sehat dikasih sehat tambah banyak oleh Tuhan ya. Kali ini The Cat Sound akan mereview obat tetes kutu merk Detick. Pernah dengar? Merk Detick ini belum banyak yang tau karena belum banyak dijual dan kemasannya pun pakai bahasa Thailand yang mana orang-orang ga bisa baca. Beberapa teman cat lovers juga ada yang mendiskusikan ini di forum. Simak review Detick yuk feliners!


Packaging & Price
Ga seperti Revolution atau Frontline, Detick punya kemasan tabung kecil. Kalau Revolution atau Frontline udah ada aturan berat badan dan kemasannya plastik. Wadahnya seperti wadah vaksin buat manusia gitu. Satu wadah Detick 10-20 kg (kurang tau berapa isinya) aku beli harga IDR 35,000 sedangkan Detick 0-10 kg harga IDR 25,000 di Pet Paradise Semarang. Detick ini cuma seukuran telapak tangan.


Texture & Ingredients
Seperti yang aku bilang kemasan Detick tabung kecil seperti wadah vaksin. Perbedaan Detick 0-10 kg dan 10-20 kg adalah 0-10 untuk tiap 10 kg berat kucing sedangkan 10-20 kg untuk tiap 20 kg berat kucing. Aku udah pernah pakai yang 0-10 kg, tapi karena isinya lebih sedikit lebih enak dan hemat pakai yang 10-20 kg. Begini nih feliners cara pakai Detick :
(berat badan kucing) ¸ 10 kg [untuk 0-10 kg]
(berat badan kucing) ¸ 20 kg [untuk 10-20 kg]
Jadi kalau feliners pakai yang 0-10 kg nih, semisal berat badan kucing 4 kg = 4 ¸ 10 = 0.4. Dan kalau feliners pakai yang 10-20 kg, semisal berat badan kucing 4 kg = 4 ¸ 20 = 0.2.
Aturannya hampir sama seperti aturan pakai obat cacing Drontal Cat ya feliners. Kalau Drontal kan per 4 kg berat kucing. Waktu aku bawa kucing-kucing ke Klinik Pow Pow Semarang buat tetes Detick, mba Chevi langsung tau merk ini. Kata beliau dulu pernah tau saat sekolah kedokteran. Aku bawa ke klinik karena ga tau berat badan mereka. Susah juga diukur pakai timbangan manusia, mendingan diukur pakai timbangan hewan tuh biar akurat. Karena ini kan obat ya feliners, jadi ga bisa sembarangan juga cara pakainya.

Cat Point of View
By the way aku udah pakai Detick sejak pertama kali bulan Mei 2016. Efek buat kucingku bagus. Kutu dan earmites mereka setelah aku tetesi Detick berkurang signifikan. Telinga yang tadinya banyak kotoran item-item nempel*, setelah tetes Detick keliatan banget berkurangnya. By the way, baru-baru ini** aku adopsi kucing baru yang aku kasih nama Nora. Jadi Nora ini adalah salah satu kitten dari kucing milik teman yang dicurigai merupakan anak Thomas. Haha, panjang gitu deh ceritanya. Aku kurang yakin kalau kitten itu anak Thomas soalnya Thomas udah hampir 3-4 bulan lebih udah ga ‘kawin’ di tempat teman. Well, terlepas itu anak Thomas atau enggak aku bener-bener ga bisa nolak kalau ada teman beneran minta tolong buat adopsi kucing. Rasanya kasian, kalau bukan kita yang adopsi siapa yang mau?

Nora datang ke rumah dalam keadaan sehat tapi aku perhatikan dia sering banget garukin telinga dan badan, terutama di tengkuk. Bener kan, waktu aku ambil Nora dan aku pangku kutu-kutu bebas berkeliaran di badan Nora. Agak ngeri sebenernya, kok bisa dia kena kutu sebanyak itu? Aku perkirakan dia kena kutu dari emak atau saudara atau lingkungan rumahnya yang dulu. Aku langsung sarankan ke teman buat tetes kutu ke semua kucing karena Nora kutuan. Aku kasih Nora Detick dengan dosis yang normal, ga dilebih-lebihkan cuma karena kutu Nora banyak ya. Tiga-empat hari setelah tetes, kutu Nora mulai hilang dan telinga lebih bersih dari sebelumnya.
Efeknya sama ke kucing-kucing lain. Karena kutu cepet banget nularin ke penghuni lainnya. Kutu bisa terbang, bisa lompat, bisa dengan mudahnya berpindah ke kucing lain. Kalau earmites mereka mulai parah sih aku tetesi pakai tetes telinga anti earmites seperti Allium Drop, Vet-otic atau Intrabat Otopain. Review Allium Drop,Vet-otic dan Intrabat Otopain dalam perjalanan terbit di The Cat Sound ya feliners. Kalau udah keterlaluan parah artinya time to see the vet! Aku rutin tetes Detick atau tetes kutu lainnya tiap 1 bulan sekali. Harus rutin ya feliners karena kutu masih bisa kembali dan mengulangi life cycle dia di kucing. Bahkan kucing yang tinggal dilingkungan indoor juga bisa aja terkena kutu. Yang harus diperhatikan selain tetesin obat anti kutu adalah kebersihan tempat tinggal. Setelah ditetesi Detick atau obat ektoparasit lainnya, kucing yang pakai kalung sebaiknya dicopot dulu biar penyerapan obatnya lebih cepat. Karena obat seperti ini kan mengobati kulit dan ke darah kucing, jadi ngerokin kutunya lewat situ. Dan kalau bisa juga pisahkan kucing dulu ya feliners. Makanya kalau aku tetesin obat kutu bertahap dari satu sampai dua kucing. Jadi kucing yang udah aku tetesin obat kutu bisa aku kandangin dulu. Kalau jadi satu semua aku nya ga punya kandang banyak. Tapi terserah feliners juga, kalau mau bersamaan juga gapapa.

Conclusion
Kesimpulan yang bisa aku tarik dari review Detick adalah Detick lumayan manjur mengobati kutu dan earmites pada kucing-kucingku. Tapi Detick maupun merk tetes kutu lainnya harus digunakan secara teratur dan berkala supaya kutu ga kembali berkembang biak pada kucing. Detick ini bertahan tick-free dan earmite-free selama kurang lebih 1-2 bulan. Jadi tetep harus diulangi secara teratur ya feliners. Feliners biasanya pakai merk tetes kutu apa? Revolution dan Frontline ini sangat populer dan sering digunakan oleh cat lovers untuk mengatasi kutu kucing. Sekian ya feliners review Detick dari The Cat Sound. Nantikan review obat-obatan kucing lainnya hanya di The Cat Sound. See you when I see you feliners. Thank you for reading The Cat Sound!
*item-item nempel : earmites
**Nora aku adopsi awal bulan Oktober 2016

41 comments:

  1. kalo gak punya pipet cara ngukur 0,2 nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Kalau saya anjurkan beli pipet/suntikan supaya ga salah takaran. Karena ini obat keras jadi harus sesuai ukuran pakai :)

      Delete
    2. Hi, untuk kupingnya bisa pakai detick juga kah? apakah aman? cara pakainya lgs ditetesi saja? mohon infonya yaaa. Aku untuk anjingku sih, beratnya dibawah 10kg. Terimakasih sebelumnya yaaa :)

      Delete
    3. Halo Mba/Mas,
      Saya kurang tau kalau untuk kuping. Menurut saya mendingan Mba/Mas pakai produk earmites khusus untuk telinga. Semoga membantu ya.

      Delete
    4. 1 ml itu 20 tetes. Tinggal dibagi aja yah

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Permisi, saya mau pakai detick untuk kucing yg sedang menyusui, anaknya masih bayi. Apa aman?

    ReplyDelete
  5. Permisi, saya mau pakai detick untuk kucing yg sedang menyusui, anaknya masih bayi. Apa aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizcha,

      Aduh saya ga berani ngasih Detick ke kucing hamil. Lebih aman pakai Revolution aja
      Semoga membantu :)

      Delete
  6. Waduh, saya beli di toko online kata penjualnya satu kucing dihabiskan satu botol (sudah saya jelaskan kucing saya beratnya hanya 3 kg). Untung baca blog ini dulu sebelum dipakaikan ke kucing saya. Terima kasih atas infonya!

    ReplyDelete
  7. mba bisa bantu ga cara hitungnya.. aku agak lemot matematikanya hehe.
    ini kan aku beli yg 10-20kg nah terus ini berarti utk berat 2kg perlu brp ml ya? aku punya suntikan 1ml. atau biar mudahnya utk setiap kg perlu berapa ml?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 0.1ml karena takarannya 10-20kg

      Delete
    2. Saya kira tetap utk berat 2 kg ya 0,2 ml karena botol isi 1 ml dan 2 ml cuman beda di jumlah isi nya. Tapi kadar obat nya sama.

      Delete
  8. mbak, aku setelah kasih detick ke kucingku kok telinganya malah sering keluar kotoran hitam berair ya ? gak ada baunya sih, dulu gapernah begitu soalnya. bisa bantu kenapa ?

    ReplyDelete
  9. Mbak maaf mau tanya, dijelaskan agar tdk terjilat hewan ya, bagaimana kalau ga sengaja terkena bagian badan hewannya yg bisa dijilat, apakah bahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, setauku detick ini dituang di bagian kulit tengkuk. Jadi gaakan kejilat sama kucing itu sendiri

      Delete
  10. Mba, bisa bantu nggak cara hitungnya,
    Aku mau beli aku liat di shopee ada yg 20-40 kg, trus aku mau beli yg itu. berarti utk kucing berat 3 kg perlu brp ml ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, bisa bantu nggak cara hitungnya,
      Aku mau beli di shopee ada yg 20-40 kg, trus aku mau beli yg itu. berarti utk kucing berat 3 kg perlu brp ml ya mba?

      Delete
    2. 0,3ML tetes ditengkuk jgn sampai terjilat, ini obat keras. Kalau punya kucing lebih dari 1 harus dipisahkan. 1kg=0.1ML

      Delete
  11. Mohon maaf, setau sy dosisnya 1ml untuk 10kg berat kucing/anjing.
    Atau 0,1ml/kg
    Dosis pemakaiannya tetap sama untuk detick ukuran 1ml, 2ml ataupun 3ml. Karna yg beda hanya isi botolnya saja, dimana untuk yg 3ml harganya lebih hemat. Tapi konsentrasi zat aktifnya ttp sama.
    Jd dosis pemakaiannya tetap sama. 0,1ml/kg berat badan.
    Pemakaiannya diteteskn lgsg ke kulit.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Ka, ini aman untuk kitten umur 3 bulan ga ?

    ReplyDelete
  13. Untuk kucing yang sedang hamil aman ga ya pemakaian nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl utk kucing hamil mendingan pake revolution/frontline aja kak

      Delete
  14. saya punya kucing dua umur 3 bulan tpi ada kutunya dan saya gk tau berat badanya kalo mau netesin brp mili ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bln l-an bearti skitar 1 kiloan ya. I think 0,1 ml aja udah ckup

      Delete
  15. Just info. Obat ini keras cuma bisa dikasih 0.1ml/kg nya. Efek samping nya bisa bikin bulu rontok kulit kering gangguan pernapasan dan pencernaan jadi takarannya harus sesuai BB jangan lebih, Ikuti anjuran pemakaian nya.

    ReplyDelete
  16. Mau tanya, kalo kucing sudah ditetesi detick ini dipisahin dari kucing lainnya sebaiknya berapa lama ya sampai benar2 obatnya menyerap kulit?

    ReplyDelete
  17. Mau tanya gan, setelah di tetes in detick, bisa di campur lagi sama kucing lain berapa lama? & apa perlu di Mandi kan dulu? Thanks...

    ReplyDelete
  18. Kak , kalo untuk earmites apa perlu diteteskan ke telinga? Atau cukup ditetes di tengkuk saja?

    ReplyDelete
  19. Kak,kalo detick terjilat oleh kucing bahaya ga ya?,aku udh naruh di tengkuk sesuai anjuran pakainya,tapi sama kucingku masih bisa di jilat dgn dia,aku jdi khawatir dia knpa napa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba... kucing mba setelah menjilat detick efeknya gmn? Masih sehat kan?

      Delete
  20. Mba kucing sy BB 2,7kg kl sy kasih takaran 0,2ml bs gak

    ReplyDelete
  21. Kl dosisnya kebanyakan,efek sampingnya apa?😭 harusnya 0,1ml malah dikasihnya 1ml

    ReplyDelete
  22. Lg nyoba detick. Cairannya putih apakah asli ya ?

    ReplyDelete