Dec 28, 2016

Review Makanan Kucing: Equilibrio Kitten Indoor Dry Food

Dear feliners semuanyaaaaaaaa. How are you there? Semoga semuanya dalam keadaan awesome! Beberapa minggu ini para pasukan di rumah lagi nyobain makanan baru yaitu Equilibrio*. Karena masih banyak kittens di rumah, jadilah beli makanan kucing buat kittens. Aku kenal Equilibrio karena dapat rekomendasi dari beberapa teman yang bilang Equilibrio ini adalah makanan kucing premium yang harganya ga semahal makanan kucing premium sekelas ini. Pemakai Equilibrio juga puas dengan manfaat dan hasil setelah kucing mengkonsumsi Equilibrio. Aku jadi penasaran kepingin buktiin juga. Simak review Equilibrio Kitten di bawah ya feliners!


Packaging & Price
Equilibrio Kitten aku beli dalam kemasan repack isi ½ kg harga IDR 33,000 dan kemasan 1 kg harga IDR 65.000 di Pow Pow Pet Shop Semarang. Lalu beberapa bulan kemudian aku memutuskan buat beli Equilibrio freshpack isi 1.5 kg di Happy Petty Semarang seharga IDR 120.000. Harga bervariasi dimasing-masing lokasi ya feliners. Untuk Equilibrio Kitten ini tersedia isi 1,8 kg dan 7,5 kg. 

Flavor
Di kemasan Equilibrio Kitten ga ada keterangan rasa, tapi menurut daftar ingredients-nya menyebutkan rasa Brewers Rice dan Chicken Meat, jadi aku simpulkan rasa Equilibrio Kitten adalah rasa Chicken & Rice *cmiiw*.

Texture & Ingredients
Kibble Equilibrio Kitten menurutku empuk dan kecil. Karena buat kitten, jadi harus empuk dong biar si kitten ga kesusahan makan. Bentuk kibble Equilibrio Kitten segitiga ukuran mini. Aroma Equilibrio Kitten wangi ikan, lumayan kental, aromanya padet ikan dan juga ga terlalu amis. Aromanya samaan kayak Optima. 

Equilibrio dibuat di Brazil oleh pabrik Total Alimentos. Website Equilibrio dalam Bahasa Spanyol, which confusing me af! Akhirnya aku translate semua laman website jadi bahasa Inggris biar gampang dibaca. Ada yang lucu sih waktu di translate ke bahasa Inggris, fiholtes yang harusnya kittens jadi puppies. Mungkin dalam bahasa Spanyol semua anakan hewan di tulis dalam bahasa yang sama. Berikut ingredients dan analisis nutrisi Equilibrio Kitten yang aku kutip dari website Equilibrio yang udah aku translate ke bahasa Inggris :
Humidity (max.) 100 g / kg (10%) Crude Protein (min.) 350 g / kg (35%), Ethereal Extract (min.) 200 g / kg (20%), fibrous matter (max.) 35 g / kg (3.5%), ash (max.) 70 g / kg (7%), Ca (max.) 12 g / kg (1.2%), calcium (min.) 8.000 mg / kg (0.8%) Phosphorus (min.) 8.000 mg / kg (0.8%), Sodium (min.) 3000 mg / kg (0.3%) Potassium (min.) 5.000 mg / kg ( 0.5%) DHA (min.) 2000 mg / kg (0.2%), taurine (min.) 2000 mg / kg (0.2%), DL-methionine (min.) 5,700 mg / kg ( 0.57%), inulin (min.) 5.500 mg / kg (0.55%), Mannanoligossacarídeos (min.) 3000 mg / kg (0.3%), Enterococcus faecium (min.) 4X10 7 cfu / kg Lactobacillus casei (min.) 4X10 7cfu / kg, Bifidobacterium bifidum (min.) 2X10 7 cfu / kg, Lactobacillus acidophilus (min.) 5X10 7 cfu / kg, Lactobacillus lactis (min.) 3X10 7 cfu / kg Bacillus subtilis (min.) 2X10 7 cfu / kg Metabolizable energy 4204 kcal / kg.
Multiple feeding trials with cats, using procedures established by the AAFCO (Association of American Feed Control Officials) show that Balance ensures a complete and balanced nutrition.
Ingredients :
Flour poultry offal, broken rice, fish meal, mechanically deboned chicken meat, ground whole corn **, corn-60 ** gluten meal, dry beer yeast, dried egg, chicken liver, ground whole flaxseed , chicken fat, refined fish oil (1.35%), beet pulp, inulin, dicalcium phosphate, choline chloride, DL-methionine, taurine, sodium chloride (common salt), mannanoligossacarídeos, probiotic additive, bisulfate sodium, potassium chloride, Yucca schidigera extract (0.1%), sodium hexametaphosphate (0.3%), folic acid, pantothenic acid, vitamin a, vitamin B1, vitamin B12, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D , vitamin H, vitamin K, vitamin PP, vitamin E, vitamin C, chelated copper, chelated iron, chelated manganese, yeast enriched with selenium, chelated zinc, calcium iodate, chicken based palatability additive, antioxidant additive (tocopherol and essence rosemary).

Jadi keterangan dari website di atas aku kurangin beberapa. Aku ambil yang inti dan yang paling penting. Di bahan Equilibrio Kitten ada Yucca extract yang notabene buat mengurangi bau kotoran kucing. Memang bener-bener berkurang baunya. Ya namanya kotoran pasti bau, cuma aku sadar bau kotoran kucingku jadi lebih berkurang. Masih ada bahan biji-bijian, seperti Ground Whole Corn & Corn-60. Kurang paham sama keterangan Corn-60, apakah jagung yang dipakai 60% atau gimana. Ada beberapa ingredients yang masih bikin bingung yaitu Broken Rice. Mungkin karena ingredient yang ada di website adalah hasil translate dari Spanish ke English mungkin terjemahannya jadi ga sempurna, I don’t know. Flour Poultry Offal arti dalam Bahasa Indonesia adalah tepung kotoran unggas. Masa iya artinya kotoran unggas? Kan ngeri mikirnya, masa makanan kucing pakai tepung kotoran unggas? But, aku dapat informasi lain dari Radio Kucing tentang ingredients Equilibrio Kitten. Berikut ingredients-nya :

Beda sih sama keterangan ingredients yang dari website. Informasi ingredients dari Radio Kucing lebih sedikit. Dan juga sumber ingredients yang aku foto dari kemasan freshpack Equilibrio Kitten juga agak berbeda dari ingredients di website. Berikut penampakannya :

Bahan yang sama adalah Deboned Chicken (di website Mechanically Deboned Chicken Meat jadi aku pikir sama aja karena masih ada embel-embel Deboned Chicken), Brewers Rice, Yucca Extract, Beet Pulp, Corn dan lainnya. Ada bahan yang beda juga. Aku juga kurang ngerti kenapa bahan versi website dan versi freshpack bisa berbeda. Adakah feliners yang tau alasan kenapa ingredients Equilibrio dari kemasan dan website berbeda? Let me know!

Cat Point of View
Ga usah ditanya lagi, para kucing makannya sangat lahap dan selalu habis bung! Bener-bener takjub sama Equilibrio Kitten! Tiap aku cek foodbowl mereka selalu kosong dan tiap aku refill langsung aja tuh pada ngerubung. Thomas, Lela dan Cleo juga sangat suka. Mungkin karena Equilibrio punya aroma yang sedep ya. Buat para pasukan krucil-krucil mereka juga ga ada masalah makan Equilibrio Kitten. Kibble Equilibrio Kitten ramah dimakan sama kucing usia berapa aja. Lela kan udah tua, umurnya udah 10 tahun. Doi enak-enak aja makan Equilibrio Kitten dan ga kesulitan ngunyah. Anak-anakku jadi tambah lahap dan sering banget nongkong di deket food station mereka. Dih, boros dong nak!
Efek setelah makan Equilibrio Kitten sih ga ada perubahan apapun. Poop anak-anak buluku masih solid dan baunya berkurang banget serius! Ga tau kenapa kok bisa sampai ga bau. Ya bau poop masih, tapi ga sekuat biasanya. Biasanya macem bau tape busuk, ini kayak tape seger hahaha. Tapi warna poop mereka jadi agak gelap dari biasanya. Teksturnya ga solid-solid amat sih, ga keras juga, normal gitu. Menurutku sih itu masih dalam batasan poop normal deh ya. Perubahan signifikannya sih belum begitu keliatan feliners. Menurut testimoni teman-teman cat lovers yang kucingnya mengkonsumsi Equilibrio Kitten mereka bilang kucing mereka jadi lebih berisi alias gemukan. Mungkin itu setelah pemakaian Equilibrio konsisten terus menerus ya feliners. Gegara diracuni oleh teman nih feliners aku ngerasa banget perlu ‘bertahan’ sama Equilibrio Kitten sampai beberapa minggu ke depan.
**UPDATE 1 NOVEMBER 2016**
Setelah pemakaian ulang dan beli kemasan freshpack Equilibrio Kitten selama kurang lebih satu bulan (mulai bukan Oktober sampai awal November 2016), kucing-kucingku juga belum gemukan seperti yang dibilang oleh teman-teman cat lovers. Jadi aku simpulkan Equilibrio Kitten ini sifatnya cocok-cocokan ya feliners. Perubahan seperti jadi berisi dan gemuk mungkin cuma terjadi untuk sebagian kucing sedangkan sebagian lainnya tidak berubah.

Conclusion
No words can’t explain how I satisfied with this cat food so much! Pokoknya kucing-kucingku suka dan sangat menggilai makanan ini. Equilibrio Kitten sangat aku rekomendasikan buat feliners yang kepingin cobain makanan kucing premium tanpa harus ngeluarin uang banyak. Harga Equilibrio Kitten menurutku juga masih sangat terjangkau dibanding pakan sekelas lainnya. Equilibrio Kitten juga bisa dibeli hampir disemua pet shop. Selanjutnya pingin cobain Equilibrio Adult gitu deh. Sekian dulu ya feliners review Equilibrio Kitten dari The Cat Sound. Tunggu review Equilibrio Adult ya feliners! Semoga review Equilibrio Kitten ini bermanfaat dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semua. Thank you for reading The Cat Sound!

*Review Equilibrio Kitten dan foto penampakan repack Equilibrio Kitten dibuat pada bulan Februari 2016. Review kembali diedit dan dilanjutkan karena aku kembali memberikan Equilibrio Kitten ke kucing-kucingku.

19 comments:

  1. Halo! Wah terima kasih sudah mau menuliskan review sepanjang dan sebagus ini. Ini kunjungan perdana saya lho, terdampar ke sini karena memang sedang browsing review Equilibrio. Saya sudah dua kali ini beli Equilibrio kitten juga, tapi bukan buat kucing pribadi, untuk kucing-kucing liar di sekitaran kosan yang kadang suka kurus-kurus (T_________T)

    ReplyDelete
  2. Saya baru pindah dari Royal Canin Persian Kitten ke Equilibrio Kitten, namun kitten saya tampaknya tidak suka. Setelah diganti cuma dimakan beberapa kali habis itu ini dia dah 12 jam mogok makan. Apa saya harus balik lagi ke Royal Canin atau saya biarkan saja dulu siapa tau dia mau makan nantinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kitten saya juga sebelumnya royal canin.. cuma sekarang udh bertambah jd 4 dan ada yang hamil lagi akhirnya kmren coba pake equilibrio kitten, bersyukur makannya ttep lahap dan abis abis aja 😁 di coba dlu aja gan mungkin masih adaptasi atau coba di campur dulu equilibrio nya sama RC

      Delete
    2. Jgan lasung terus tukar 100%. Sebaiknya campur dulu. First buat 80% rc 20% Equil. Selang beberapa hari buat 50-50. Selepas itu buat 20-80. Nah bile dia dh selesa baru tukar 100%.

      Delete
  3. Iya bener,RC mngandung lemak babi ksihan si pushi nya
    Bgus pkai equ
    Awlny sih saya pkai RC cuma skrng udh berpling,trnyta bner pup nya tdk bau mnyengat sekali

    ReplyDelete
  4. Makasih buat kaka nya yg uda mau review equilibrio kitten emang aku sedang cari makanan buat kitten ku yg baru umur 1 bulan pengen cepat sehat dan gemuk

    ReplyDelete
  5. Thanks kaka review nya... Very detail.
    Mpuss aq usia 3bulan baru mau aq coba kasih makan equilbrio kitten. Biasaya pke wishkas. Krn aq dksh tau tmn jg equilbrio bikin mpuss ndut makanya aq coba.mudah" an celly bisa ndut dan sehat amin.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Tq for the review. Saya guna brand power cat tapi nmpk mereka tidak makan dgn bnyk. Ive saw a lot of equilibrio good review so far. I might try this one soon

    ReplyDelete
  8. Dan equilibrio kitten ini juga cocok buat kucing yg lagi menyusui

    ReplyDelete
  9. Saya biasa campur equil kittenya dgn RC wetfood nya... baru nyoba 2 mingguan sih, tp so far, kitten ku selalu lahap, sehat, dan sudah mulai terlihat lebih gemuk dri prtma x ku adopt,,, tntunya Vitamin dn kbutuhan lainya juga di berikan yahh,,, hehhe... salam catlovers

    ReplyDelete
  10. Klo mau cepat ndut kasih proplan,,kitten aku cepat naiknya,,thx gan untuk infonya aku mau coba biar anabul2 aku pupnya nda bau hik hik hik

    ReplyDelete
  11. Halloo.. salam kenal.
    Mau tanya, kitten saya skitar umur kurang lebih 3 bulan. Awal prtama kali makan saya kasih whiskas junior basah.. doyan dan lahap.. dan baru sminggu lalu saya coba dryfood merk MEO untuk kitten.. trnyata tidak cocok, pup mencret, sampai kalau lagi jalan ga berasa kalau pup nya berceceran.. kucingnya sih ga merasa lemas, malah lincah bgt.. 3 hari makan MEO mencret smpe ada darahnya.. akhirnya saya berhentikan makan MEO nya. Lalu saya kasih Yakult dan diatab. Dan makannya kembali lg ke Whiskas basah..
    Setelah sminggu normal kembali pup nya..
    Dan baru tadi saya coba kasih makan dry food merk lain yaitu Equilibrio.. baru 1x makan pup mencret lagi...seddiihh... Itu kenapa ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat wet food tempe kak biar berhenti diarenya

      Delete
    2. Buat wet food tempe kak biar berhenti diarenya

      Delete
    3. Buat wet food tempe kak biar berhenti diarenya

      Delete
  12. Kucingku ta kasih ini malah ga doyan, maunya yg murah kaya universal 😓 Padahal aku agak waspada sm yg murah krn denger gosip soal Bolt. Lah kucingnya malah ga doyan, trus gmn? 😅

    ReplyDelete