Dec 23, 2016

Review Makanan Kucing: Cuties Catz Seafood & Tuna Dry Food

Dear feliners. How are you? Semoga dalam keadaan yang sehat dan sejahtera. Gimana kabar anak bulu feliners nih? Baik kan? Kali ini The Cat Sound akan review makanan kucing merk Cuties. Kayaknya beberapa feliners ga asing akan makanan kucing merk ini karena udah ada beberapa yang mereview makanan kucing merk Cuties. Cuties ini adalah salah satu makanan pabrikan Perfect Companion dari negara Thailand. Sepertinya Thailand udah jadi home of pet food ya feliners karena banyak sekali merk pakan hewan peliharaan yang diproduksi di sana. Yuk langsung simak review Cuties Catz di bawah!

Packaging & Price
Cuties yang aku beli udah dalam berupa kemasan repack isi 500 gram dan 1 kg. Aku liat di website Cuties tersedia dalam kemasan 8 kg dan 22 kg. Maka dari itulah yang beredar di pasaran kebanyakan Cuties repack. Cuties isi 500 gram aku beli harga IDR 14.000 dan isi 1 kg harga IDR 27.000 di Pow Pow Pet Shop Semarang. Aku juga sempat menemukan Cuties yang lebih murah dijual di Kasih Satwa Semarang seharga IDR 13.000 isi 500 gram dan IDR 25.000 isi 1 kg. Berikut penampakan freshpack karung Cuties yang aku kutip dari CP Pet Food :
Flavor
Cuties yang akan aku review adalah Cuties rasa Seafood & Tuna. Menurut website Perfect Companion Malaysia, Cuties ini cuma punya tiga varian rasa yaitu Seafood, Tuna dan Seafood & Shrimp. Kayaknya yang beredar di Indonesia cuma ada Seafood & Tuna. Adakah feliners yang pernah mencoba Cuties rasa Seafood dan Tuna& Shrimp? Let me know!

Texture & Ingredients
Bentuk kibble Cuties masing-masing rasa berbeda. Cuties Seafood punya bentuk kibble bunga-bunga kecil, sedangkan Cuties Tuna berbentuk seperti gigi hehe. Bingung juga kibble bentuk Cuties ini dinamakan apa. Berikut penampakan kibble masing-masing rasa Cuties :
Tekstur kibble Cuties menurut aku ga terlalu keras dan renyah gitu, kering. Para kitten juga bisa makan jadi artinya kibble Cuties ini gampang dimakan kitten. Walaupun udah disediakan makanan kucing khusus kitten di tempat tersendiri, yang namanya kitten selalu gangguin kucing dewasa dan ikutan nimbrung makan. Jadi terkadang makanan kucing di rumah ngikutin para kitten yang harus makan makanan kucing kitten. Sekarang ini di rumah masih ada 5 ekor kitten*. Warna kibble Cuties berwarna coklat kekuningan. Aroma Cuties antara wangi dan menyengat aroma ikan gitu deh. Hehe, gimana ya jelasinnya kalau aroma pakan wangi tapi masih kecium aroma ikan. Kecium banget aroma amis ikannya. Aromanya ga enek kok, ga merusak hidung manusia juga. Aroma Cuties ini miripan dengan aroma Felibite. Aku juga nemuin beberapa kibble yang serupa dengan Cuties ini nih feliners. Berikut penampakannya :
Penampakan kibble yang serupa dengan Cuties Tuna yaitu Me-o Kitten (baca review Me-o Kitten di sini ya feliners), Minino dan Royal Canin Kitten 36. Untuk review Minino dan Royal Canin Kitten 36 masih dalam perjalanan ya feliners. Karena ini produk dari Perfect Companion pastinya punya website dong! Sejauh ini aku nyari informasi di inet nemuin beberapa website Perfect Companion, yaitu versi Thailand, Malaysia dan dua versi Indonesia. Anehnya di website versi Thailand makanan ini ga ada dalam list makanan kucing. Dalam versi Indonesia pun cuma ada Me-o dan Companion Pets Classic. Tapi beda dengan versi Malaysia dan versi website CP Pet Food Indonesia (sepertinya website unofficial Perfect Companion dan merupakan website distributor cat food) Indonesia, informasi tentang Cuties ini sangat jelas dan rinci. Berikut informasi Cuties yang aku kutip dari website CP Pet Food Indonesia dengan beberapa perubahan :

Keunggulan:
  • Bertekstur renyah untuk meminimalkan plague dan tartar pada gigi 
  • Mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi kucing 
  • Mengandung taurine yang penting untuk menjaga kesehatan mata kucing 
  • Vitamin E dan asam protein penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh 
  • Asam lemak Omega 3 dan 6 serta zinc untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit dan kilau bulu kucing 
Bahan-bahan:
Wholegrain cereal, soybean meal, poultry by-product meal, corn gluten meal, chicken oil, fish meal, brewers dried yeast, lodized salt, chicken digest, vitamins and minerals, antiodidants. food coloring and flavouring​


Tersedia dalam: 

  • Flavour : Tuna, Seafood 
  • Kemasan : 8kg (Tuna, seafood), 22kg (Tuna, seafood) 
Source
Hal yang hampir serupa juga tercantum di website Perfect Companion Malaysia. Berikut ingredients dalam website Perfect Companion Malaysia :
Source 

Informasi ingredients pada website CP Pet Food dan Perfect Companion Malaysia juga sama. Pada informasi yang aku kutip dari Perfect Companion Malaysia adalah Cuties Seafood karena bahan dan keterangan Cuties rasa Tuna dan Tuna & Shrimp sama. Informasi yang ada di CP Pet Food menuliskan “Bertekstur renyah untuk meminimalkan plague dan tartar pada gigi”, jadi emang tekstutnya beneran renyah dan garing. Kalau renyah dan garing gini biasanya kandungan airnya lebih sedikit. Bener ga sih begitu? Correct Me if I’m wrong ya feliners! Cuties juga mengandung kalsium, fosfor, vitamin D, taurine, vitamin E, asam lemak Omega 3 & 6 dan semua kandungan ini udah wajar ada di tiap pakan kucing. Juga ada satu bahan yaitu food colorings. Padahal aku lihat warna Cuties ini ga berwarna-warni kenapa ada bahan food colorings-nya ya? Apanya yang diwarnain? Bahan lainnya menurutku bahan yang general ada di makanan kucing. Cuties pakai banyak bahan tepung-tepungan dan grain yaitu soybean meal, poultry by-product meal, corn gluten meal dan fish meal. Ikan yang dipakai mungkin Tuna dan bisa juga ikan-ikan laut lain karena rasa Cuties Tuna dan Seafood. Ingredients untuk kedua rasanya sama, I don’t know deh apa yang membedakan antara rasa Tuna dan Seafood. Menurutku sih dibedakan dari kibblenya aja dan mungkin juga ada tambahan rasa Tuna dan Seafood.

Cat Point of View
Dari hasil pengamatanku setelah awalnya beberapa minggu para kucing makan Cuties (awalnya rasa Seafood lalu switch ke rasa Tuna) ga ada perubahan berarti. Buang airnya normal dan tekstur poop nya masih solid sih. Ya kadang normal, kadang agak encer, kadang juga keras. I think it’s normal sih. Ga nyangka ternyata kucingku cocok makan Cuties. Awalnya ga berharap banyak dari Cuties loh! Karena kan banyak review dan anggapan kalau pakan kiloan gini pasti berefek kurang bagus buat kucing. Bahkan aku masih pakai Cuties loh sampai sekarang tulis review ini. Kittens-ku ya kadang poopnya encer gitu. Tapi ga parah, ga sampai mencret atau diare. Warna poopnya masih gelap kok, masih bagus. Agak selektif sih kalau pilih makanan buat para gerombolan anak kecil ini. Kalau kittens kan tetep harus makan makanan untuk kitten. Karena kittens butuh nutrisi dan kandungan gizi yang sesuai dan diperlukan sama kittens to?
Dan bahkan sampai sekarang aku kadang masih sering kasih kucing-kucingku makan Cuties. Kadang kalau beli pakan kucing merk baru ya transisinya dari Cuties ini nih. Amaze gitu ih sama Cuties bisa ajaib buat kucing-kucingku. Padahal kucing-kucingku ini lumayan selektif kalau dikasih makanan kucing baru. Cuties udah menemani kucing-kucingku selama hampir 1 tahun dengan selingan beberapa merk pakan lainnya. Yang paling signifikan sih ya pakai Cuties dan Felibite (review Felibite aku post disini ya feliners). Alasanku masih bertahan dengan Cuties atau Felibite selain efeknya bagus buat kucing, alasan lainnya adalah mudah dibeli dan MURAH! Haha. Siapa coba yang ga demen sama pakan kucing yang murah juga bagus buat kucing.
FYI, Cuties ini juga jadi favorit para kucing stray yang sering aku kasih makan di sekitar lingkungan rumah. Sekarang makin banyak kucing stray yang singgah di rumah buat numpang makan dan numpang neduh. Sebagian ada yang udah aku kasih nama, sebagian lagi belum aku kasih nama karena susah banget dipegang. Boro-boro deh dipegang, dideketin aja dianya kabur. Beberapa sih ada kucing domestic outdoor punya tetangga gitu. Kalau tetangga belum nyiapin makanan buat mereka, jadilah mereka main ke rumah. Karena ga bisa memantau para kucing domestic yang makan Cuties, jadi ga bisa tau deh gimana efek Cuties buat mereka.

Conclusion
Hasil keseluruhan ga kecewa sama Cuties. Cuma karena ini murah bukan berarti jelek kan? Buktinya informasi mengenai merk Cuties bisa diakses dengan sangat mudah. Kalau informasi tentang makanan kucing kan kita sebagai cat parent bisa agak lega akan bahan-bahan yang ada dimakanannya dan produsennya. Biasanya makanan kucing harga semurah ini ga jelas asal-usulnya. Cuties mengklaim bahwa produknya memberikan keunggulan buat para kucing antara lain, Kesehatan Gigi, Kekuatan Tulang & Gigi, Penglihatan Sehat, Sistem Imun dan Kulit serta Bulu yang Sehat. Jadi makanan kucing ini bukan makanan abal-abal yang awalnya aku sangka makanan curah campuran. Don’t judge the book by its cover ya feliners. Sekian review Cuties dari The Cat Sound. Don’t judge a book by its cover. Sekian dulu review Cuties Catz dari The Cat Sound. Semoga review Cuties Catz berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semuanya. Sampai ketemu di review makanan kucing berikutnya cuma di The Cat Sound. Thank you for reading The Cat Sound

*Lima ekor kucing kitten yaitu Casper umur 8 bulan dan Marlo, Marco juga Nora umur 4 bulan

1 comment:

  1. Kalau kandungan pertama ada Wholegrain cereal, soybean meal, poultry by-product meal. Maka ini. Seoerti diberi racun oerlahan buat kucing.

    ReplyDelete