Jul 6, 2016

Review Makanan Kucing: Optima Salmon & Chicken Dry Food

Dear feliners, kali ini The Cat Sound akan mereview makanan kucing merk Optima. Rasa yang akan aku review adalah rasa Salmon & Chicken setelah Optima rasa Chicken & Rice udah terbit. Yepp, Optima yang packagingnya kucing red tabby gendut lucu dan pakai alumunium. Kucing yang jadi cover makanannya mirip banget kayak Thomas. Simak review Optima di bawah ini!  
 Ternyata Izzy mau makan Optima Chicken & Rice!

Packaging & Price 
Optima kemasan repack isi ½ kg harga IDR 21,000 di Paxton Pet Shop. Tapi di beberapa pet shop lain di Semarang, harga Optima isi ½ kg bervariasi. Awalnya aku beli kemasan repack Optima isi ½ kg. Finally, aku beli Optima fresh pack isi 9 kg. Tiap rasa beda harga feliners, harga fresh pack Optima 1 kg mulai dari 60-70ribu. Harga Optima 9 kg pun beda-beda. Aku pernah beli Optima 9 kg harga IDR 295,000 yang biasanya harga sampai IDR 400,000. Emejing banget! Suka sama packaging Optima ini, kesannya mahal dan mewah.

Flavor
Semua varian rasa udah pernah aku kasih ke kucingku, rasa Chicken & Rice, Salmon & Chicken dan Seafood Mix. Rasa yang paling disuka kucingku adalah rasa Seafood Mix dan Chicken & Rice.

Texture & Ingredients Tekstur Optima berminyak. It leaves oily feeling to the palm. Bentuk kibble dari masing-masing rasa juga beda-beda. Rasa Chicken & Rice punya kibble bentuk bulat-bulat agak besar memiliki warna krem gelap. Rasa Salmon & Chicken punya kibble bentuk ikan ukuran sedang bentuknya mirip drumstick gitu. Rasa Seafood Mix punya kibble bentuk ikan ikan kecil. Warna Optima masing-masing rasa hampi semua sama. Berikut penampakan kibble Optima rasa Salmon & Chicken :
Aromanya kuat banget, terutama varian rasa Chicken & Rice dan Seafood Mix. Ga beraroma amis tapi aromanya harum. Optima bisa dikonsumsi kucing umur berapa aja (All Life Stages), kibble rasa Seafood Mix dan Salmon & Chicken ramah buat dikunyah kucing junior dan senior. Tapi kibble rasa Chicken & Rice mungkin agak susah buat dimakan sama kucing junior karena kibblenya besar. Kemasan fresh pack Optima 1,0 kg bisa buat 3-4 hari dengan keadaan multiple cats di rumahku, yaitu sekarang ini aku punya 7 ekor kucing (termasuk kitten karena para kitten udah mulai makan). Ingredients yang digunakan Optima rasa Salmon & Chicken :

Ingredients yang tercantum di kemasannya sangat banyak. Ingredients pertama yang dicantumakan ditiap rasa hampir sama, meal dan by-products meal.
Berikut keunggulan yang dimiliki Optima:
· High In Protein, buat meningkatkan berat badan dan menyehatkan organ kucing;
· Omegas & Vitamin E, buat kulit dan bulu yang sehat;
· Vitamins & Minerals, buat tulang dan sendi yang kuat;
· Highly Digestible, gampang dicerna kucing dan bikin penyerapan vitamin dan protein yang lebih baik;
· Antioxidant Rich, buat meningkatkan ketahanan tubuh kucing terhadap penyakit;
· Special Formula, yang membantu memelihara kesehatan gigi.

Optima cat food di buat oleh The Optima Pet Food Company. Sayang, websitenya ga bisa diakses. Sempet ragu sih buat ngasih makan kucingku Optima. Biasanya makanan kucing grade super premium gini, di website company-nya tersedia informasi yang seengganya meyakinkan calon customer dan customer tetap. Di kemasan juga ga tercantum Optima ini diproduksi di negara atau lokasi tepatnya. Menyayangkan sih sebenernya, harusnya grade makanan kucing seperti ini menyediakan informasi yang lengkap. Optima juga ada dog food. Malah yang bikin kaget, Optima dog food sempet jadi pembahasan di Tiongkok karena produknnya membuat anjing mati. Yang penasaran bisa kepoin link ini ya.

Cat Point of View
Lela & Thomas sangat suka. Makanan Thomas sebelum imigrasi ke rumahku adalah Optima yang varian rasa Chicken & Rice. Bahkan tiap aku tinggal keluar rumah sebentar, Optima di food bowl mereka udah abis. Awalnya para kitten terkesan ogah terhadap Optima mungkin karena kibble Chicken & Rice terlalu besar dan keras. Eventually mereka makan Optima sama lahapnya seperti Mama Lela & Thomas. Kucingku paling suka makan Optima rasa Chicken & Rice dan rasa Seafood Mix.
Sempat concern karena ragu sama keterangan All Life Stages yang ada di kemasannya. Takutnya kittens-ku belum kuat menerima makanan dry food dan jadi mencret atau kesusahan makan. Well, turned out semua kittens-ku suka, doyan dan poopnya normal. Kadang sih agak mencret dan lembek. Optima ini disukai sama semua 2 generasi anak-anak Thomas sama Lela dan anak-anak Thomas sama Cleo. Mungkin karena aromanya kuat dan sedep ya jadi anak-anak krucil ini jadi demen makan Optima. Kadang aku hancurin kibble Optima ini jadi serpihan atau kibble yang ukurannya agak kecil biar kittens-ku lebih gampang buat makan Optima. Efek poop dan pipis semua kucing kitten maupun adult setelah makan Optima juga ga begitu menunjukan efek drastik dan signifikan. Seperti yang udah aku sebutin di atas, poop si kecil kadang lebih lembek dari biasa. After all, mereka semua sehat dan makin lahao makan. Malahan ya, I noticed that kucingku jadi agak berisi, terutama para anak-anak krucil berbulu. Siapa yang ga seneng lihat kucingnya jadi berisi dan ginuk-ginuk? Nyenengin deh. Melihat dari bahan-bahan dan kandungan gizi dalam makanan kucing merk Optima, menurut aku udah komplit buat si kucing.

Conclusion
Kesimpulan dari review Optima adalah kucingku sangat suka, tapi butuh waktu buat membiasakan kucing junior mau makan Optima. Optima juga ga memberikan efek buruk pada kucingku. Poopnya masih normal dan juga ga mencret. Buat kelas Super Premium cat food, Optima punya harga yang terjangkau dan punya manfaat yang baik buat si kucing. Karena sekarang udah tahu kalau para kucing cocok makan Optima dan efeknya bagus ke mereka, Optima jadi makanan primer buat kucing. Makanan sekundernya kalau mereka bosen makan Optima, aku cobain makanan kucing merk lain. Sekian review dari The Cat Sound. Semoga berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners. Ciao! Thank you for reading The Cat Sound!

4 comments:

  1. Beli optima yang 9 kg harga 295 dimana ya kak ? Saya juga disemarang nih

    ReplyDelete
  2. Haloo kak... Klo optima sma eureka bagusan mana sih?

    ReplyDelete
  3. Kalau cari optima area surabaya di mnaa

    ReplyDelete