May 3, 2017

Review Makanan Kucing: Better Cat Dry Food

Dear feliners, halo everyone!!! Apa kabar? Seneng rasanya bisa nulis dan post review lagi di sini. Kangen ngereview gitu. Sejak side job ini makin banyak diakses orang, aku jadi lebih suka dan semangat buat selalu up to date dalam memposting review. Well, kali ini yang akan aku review adalah Better Cat. Yassssh, kucing yang lebih baik kan? Coba aja ada makanan manusia ‘Better Hooman’ dan semua orang bisa jadi lebih baik hahaha #mimpisiangbolong #ngemilinDF. Ngelantur ah, simak review di bawah ya feliners!
SOURCE
SOURCE
Packaging & Price
Seperti biasa, aku beli Better Cat dalam kemasan repack isi 500 gram harga IDR 14,000 di Kasih Satwa Semarang dan isi 1 kg harga IDR 27,000. Better Cat kebanyakan dijual dalam kemasan repack. Menurut hasil pencarian inet, kemasan 8 kg warna biru muda dan kemasan 20 kg warna pink. 
Sesekali aku juga pernah liat kemasan karung Better Cat ini ada di Kasih Satwa Semarang dan beberapa pet shop lainnya. Aku juga menyempatkan (banget) buat liat kemasan karung Better Cat karena kepo yang sangat luar biasa. Tapi too bad ga sempat buat foto karena harus angkatin karungnya yang mana karungnya berat banget cin! Rasanya ga lengkap gitu kalau review pakan kucing tanpa kepoin kemasan freshpack atau kemasan karungannya.

Flavor
Ga ada keterangan rasa di kemasan. Dari Kasih Satwa juga ga ngasih keterangan rasa sih. Jadinya aku bingung rasa apakah Better Cat ini. Tapi beberapa pelapak dan review makanan kucing menyebutkan bahwa rasa Better Cat adalah rasa Ocean Fish atau juga Tuna. Dan akhirnya nemuin jawaban dari review Kunucats yang menyebutkan bahwa Better Cat ini punya rasa Tuna.

Texture & Ingredients
Tekstur kibble Better Cat menurutku solid dan kibblenya tebel. Ga ada rongga di kibble-nya dan juga kibble-nya ga berdebu. Warna kibble Better Cat coklat krem dengan bentuk kibble mix bentuk lingkaran dan bentuk ikan kecil. Berikut penampakan kibble Better Cat :

Aromanya standar makanan kucing, ya agak amis ikan gitu. Aromanya mirip keripik ikan yang biasa kita makan tuh. Berikut ingredients Better Cat yang aku kutip dari lapak via Tokopedia :
Corn / Rice Broken / Pouiltry Meal / Meat and Bone Meal / Fish Meal / Soybean Meal / Wheat Bran / Rice Bran / Corn Gluten Meal / Full Fat Soybean / Chicken Fat / Soybean Oil / Chicken Fat / Taurine / Vitamins / Minerals / Preservatives
Guaranted Analysis :
Crude Protein Min 26%
Crude Fat min 9%
Crude Fiber Max 4%
Moisture max 10%
Bahan-bahan Better Cat ini tipical bahan makanan komersial banget feliners. Ada Corn (jagung), Poultry Meal (lemak unggas), Meat and Bone Meal (lemak daging dan tulang), Fish Meal (lemak ikan), Full Fat Soybean, Chicken Fat dan Preservatives. Kurang paham juga sama bahan Meat and Bone Meal, Full Fat Soybean dan Preservatives. Bahan Meat and Bone Meal daging apa yang dipakai dan tulang bagian apa. Lalu Full Fat Soybean itu bahan yang kayak gimana. Juga Preservatives itu pakai tambahan bumbu seperti apa. Ada satu bahan yang kedengeran (atau kebaca) aneh gitu ya. Rice broken? Mungkin yang bener adalah Broken Rice. Umum banget nih bahan Broken Rice di bahan makanan kucing. Kalau udah dilanda perasaan bingung tidak menentu begini saatnya berkeluh kesah kepada Mas Google. He would be happy to help me out I guess. Cari, cari, cari dan nemuin informasi tentang bahan makanan kucing Meat and Bone Meal, Full Fat Soybean dan Preservatives ini.
Sekilas ingredients Better Cat ini hampir sama dengan ingredients kepunyaan Pro Feline. Ingredients Pro Feline dan Better Cat ini hampir sama cuma pada Pro Feline ga ada bahan Rice Broken. Bahkan guaranted analysis-nya pun samaan. Apa jangan-jangan Pro Feline dan Better Cat ini sama ya? Cuma dibuat dengan merk berbeda dan kibble berbeda. I don’t know. Bahan lainnya adalah bahan yang sering nongol di makanan kucing kelas commercial berbau grain-grain~an. Menurut review Kunu Cats rasa Better Cat sih Tuna, bahan yang menurutku masih berhubungan dengan Ocean Fish sih ya Fish Meal. Ada bahan Poultry Meal juga loh feliners, macem miripan sama makanan holistic gitu ya? Tapi pada pakan holistic atau grain-free bahan poultry yang digunakan utuh.
Tebakanku sih ya Better Cat ini juga buatan Perfect Companion di Thailand tuh. Aku cari informasi Better Cat di Perfect Companion Thailand, Malaysia dan Indonesia sih ga ada. Udah aku cari juga di website CP Pet Food. Buat sementara, aku belum bisa menemukan informasi rinci tentang Better Cat. Well, I’m not quiter. Aku ga akan nyerah sampai menemukan siapa produsen Better Cat ini. Aku akhirnya nemuin sebuah review Better Cat di www.kunucats.com yang membahas cukup lengkap tentang Better Cat juga termasuk gambar kemasannya. Sayangnya gambar kemasan yang ada di Kunu Cats ga jelas karena ukurannya kecil. 

Bagian belakang bawah ada tulisan Distributed by CV MULTI PET - Product of Thailand. Kalau udah ada tulisan Product of Thailand biasanya tebakan kasarku sih ya Better Cat ini juga buatan Perfect Companion si raja makanan kucing itu tuh. Tapi juga nih feliners, biasanya kalau buatan Perfect Companion ada dong tulisan lengkap tentang produsen, perusahaan, domisili, alamat dan lainnya. Kayak yang ada di kemasan Universal misalnya kan. Universal buatan Perfect Companion dan ada keterangan lengkap Perfect Companion dikemasan. Has anyone got the answer yet? Adakah yang tau Better Cat ini diproduksi oleh siapa?

Cat Point of View
Anyway saat dulu pertama kali pelihara kucing, salah satu makanan yang pertama kali aku coba adalah Better Cat. Karena waktu itu sama sekali ga punya pengetahuan apa pun tentang makanan kucing, aku ambil Better Cat karena namanya sih menurutku lucu. Pertimbangan lain adalah dulu kucing aku yang aku dapat hibah dari teman dari sononya makan Better Cat juga ukuran kibble-nya kecil dan juga harganya murah shay! Hahaha. Dulu cobain Better Cat sampai lupa efek ke kucing. Then, aku putuskan buat mencoba kembali makanan ini ke kucing-kucingku karena udah berbeda generasi. Seperti biasa, kucing-kucingku selalu penasaran tiap aku bawa makanan kucing ke rumah. Mereka langsung serontak lari ke aku dan nduselin buat makan. Aku tuang ke foodbowl-nya juga masih lahap dan berebut. Bahkan para kitten juga doyan. Ukuran kibble-nya kecil jadi kittens gampang buat makan. Ga ada keterangan sih ini buat kucing umur berapa. Tapi ya namanya anak kucing, selalu ngikutin emaknya. Mereka cepet banget makan Better Cat. Sumpah! CEPET BANGET! Udah abis, miaaaawwwww minta nambah dan terus begitu. Sampai akhirnya anak-anak buluku kenyang dan antri buat poop.
Poop mereka lumayan bagus saat awal makan Better Cat. Ya lembek sih, tapi ga keterlaluan dan scoopable aja makanya aku bilang lumayan bagus. But when they ate Better Cat for about a week after more or less, something happened! Poop kucingku, terutama yang masih kittens ini jadi super parah. Parahnya jadi lembek, mencret, berair dan warnanya kuning muda terang. Duh kan, itu tandanya mereka diare. Maybe it’s my fault letting all of the little cats ate Better Cat padahal aku juga ga yakin apakah Better Cat bisa dimakan kitten juga. Kucing-kucing dewasaku poopnya relatif normal. Belum lagi pipis si anak-anak piyik ini warnanya jadi gelap dan sangat pesing. Kan emang biasanya pesing, tapi ini super duper mega pesing! Aku bisa tau warna pipis mereka karena mereka beberapa kali buang air diluar litter box-nya. Ga boong deh! Karena anak-anak piyik ini hobi banget ngikut makan para tetua.
Yang lebih buruk adalah Thomas muntah setelah makan Better Cat. Yang dimuntahin ya makanan, masih berbentuk dry food sama air warna putih kental dan pekat. Sempet panik sih padahal udah transisi pakan dari pakan lama ke Better Cat. Awalnya aku diemin dulu terus Thomas muntahin makanannya lagi. That’s it feliners, time to get some help. Buat pertolongan awal aku kasih Thomas Nutriplus Gel (untuk daya tahan) dan kuning telur (fungsinya sama dengan Nutriplus Gel). Finally Thomas udah ga muntah lagi dan juga poop para anak bayi makin membaik. FYI, aku langsung menghentikan konsumsi Better Cat ke kitten karena tau efeknya buruk dan bisa membahayakan buat mereka. Karena kejadian ini aku langsung buru-buru berhenti pakai Better Cat. Ga cuma untuk para kitten dan Thomas tapi buat semua penghuni berbulu di rumah. Takut aja kalau Thomas kumat dan poop anak-anak kucing makin parah. By the way aku ga pernah menampilkan gambar poop anak-anak karena aku pikir gambar seperti itu lumayan graphic dan ga enak dipandang mata.

Conclusion
Kesimpulan yang bisa aku tarik dari review Better Cat di atas adalah para kittens ga bisa menerima Better Cat dengan baik. Outcome-nya jadi buruk. Poop mereka lembek, mencret, berair dan warnanya kuning muda terang. Belum lagi Thomas jadi muntah. Buat yang sehari-harinya pakai Better Cat dan kucingnya baik-baik aja, please don’t change your routine! Just because my cats disliked it, doesn’t mean your cat dislike it, too! Karena tiap kucing punya kesenengan, kedoyanan (apa sih kedoyanan?) dan juga sistem pencernaan yang berbeda ya feliners. Nah berikut penilaian The Cat Sound atas Better Cat :
RATINGS : 1 stars
REPURCHASE : BIG NO NO
WHERE TO BUY : Better Cat ini dijual dihampir seluruh pet shop Semarang dan aku yakin Better Cat juga tersedia dibanyak pet shop seluruh Indonesia.
Sekian review Better Cat edisi hari ini. Terima kasih feliners udah menyempatkan membaca review dari The Cat Sound. Semoga review ini berguna dan bisa dijadikan refrensi buat feliners semua. See you on the next review, feliners!

**Disclaimer: review di atas merupakan review dari pandangan, perspektif serta pengalaman pribadi dari penulis. Jika ingin menyalin atau mengutip harap link ke www.thecatssound.blogspot.co.id.
***bland diet = makanan kucing berbahan ayam, kalkun atau ikan yang dihaluskan lembut untuk makanan dalam masa penyembuhan muntah maupun diare.

3 comments:

  1. Halo.
    Semangat yah nulis review-nya... Terima kasih sudah mau berbagi.

    Saya sejak tadi asyik baca-baca review yang sudah dibuat sampai tiba-tiba mentok di postingan Januari 2016. Review-nya bagus, lengkap, dan rapi. Foto-fotonya juga membantu sekali. Saya bakal rekomendasikan blog ini ke teman-teman yang pelihara kucing juga :3

    ReplyDelete
  2. Yah mbak, saya barusan beli better cat 😭

    ReplyDelete