Nov 10, 2016

Review Makanan Kucing: Happy Cat Adult Salmon Dry Food



Dear feliners, what’s up bro? Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Kali ini The Cat Sound akan mereview makanan kucing merk Happy Cat. Awal beli Happy Cat karena ada diskon di Pet Paradise Semarang (cabang Dr. Wahidin Semarang)*. Penasaran dong karena udah pernah tau ada makanan kucing merk Happy Cat sebelumnya. Btw, selain buat makanan kucing, Happy Cat juga tersedia Happy Dog. Berhubung ini adalah blog review makanan kucing, yang akan di review adalah Happy Cat ya shay! Yuk simak reviewnya di bawah!

Packaging & Price
Happy Cat yang aku beli sudah berupa kemasan repack isi ± 300 gram dengan harga IDR 10,000. Pikirku ini makanan murah banget jangan-jangan makanan kucing abal-abal karena kok bisa harganya murah banget. Setelah tanya pihak pet shop, Happy Cat repack ini adalah harga setelah diskon. Di Pet Paradise cuma sisa Happy Cat kemasan kecil, jadilah aku beli 3 bungkus. Happy Cat freshpack tersedia dalam kemasan 1,8 kg, 4 kg dan 10 kg. Begini nih penampakan freshpack-nya :


Flavor
Happy Cat yang aku beli adalah rasa Salmon, atau di keterangan rasa Happy Cat adalah Happy Cat Adult Atlantic Salmon. Wow, buat keterangan nama rasa makanan kucing termasuk panjang ya. Karena keterangannya adalah Atlantic Salmon, jadi artinya ikan salmon yang digunakan dalam makanan kucing ini asalnya dari laut Atlantic. Setelah penjelajahan tentang makanan kucing Happy Cat, ternyata ga sulit cari informasi tentang Happy Cat. Informasinya sangat terperinci! Visit aja ke website Happy Cat di www.happycat.co.id. Happy Cat punya BUANYAAAAK varian jenis dan rasa lain antara lain varian La Cuisine, Supreme dan Minkas.

Texture & Ingredients
Tesktur kibble Happy Cat keras dan punya aroma khas makanan super premium. Yang udah pernah cobain Optima, Equilibrio atau Eureka pasti mengenali aroma makanan super premium. Makanan super premium beraroma khas ikan-ikanan, ga terlalu amis dan menyengat melainkan beraroma sedep. Warna kibble Happy Cat coklat krem gelap. Bentuk kibblenya tabung berukuran kecil mirip banget sama Optima Chicken & Rice
Teksturnya kibblenya agak berdebu dan berminyak kalau digenggam. Entah tekstur berdebu ini karena udah di repack dan ketumpuk makanan lain jadi berdebu atau memang dari sononya udah berdebu. Informasi websitenya sangat sangat lengkap! Begini isi informasi yang sangat lengkap dari website Happy Cat, termasuk dengan ingredients Happy Cat yang aku kutip dari website Happy Cat :
Kucing membutuhkan metabolisme yang aktif untuk memiliki kehidupan yang sehat dan bersemangat. Happy Cat Adult Atlantic Salmon mengandung protein yang mudah dicerna terbuat dari daging salmon dan unggas berkualitas tinggi, yang tidak membebani metabolisme tersebut atau pencernaan (proporsi protein berbasis hewani minimal 85% dari kandungan protein total). Didukung oleh Happy Cat Natural Life Concept® unik yang menggunakan bahan-bahan alami berenergi, hasilnya berupa kelezatan eksklusif bagi semua kucing dewasa.
Happy Cat Adult Atlantic Salmon secara alami mengandung asam lemak Omega-3 dan 6 esensial – cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang stabil dan bulu yang mengkilat.
Variasi Happy Cat Adult Atlantic Salmon secara  sempurna memenuhi kebutuhan khusus dari kucing ras berbulu panjang dan sensitif.
Happy Cat Adult Atlantic Salmon mengandung proporsi tinggi dari taurin (1600 mg/kg, 600 mg/kg yang merupakan taurin alami), kandungan seimbang dari kalsium, magnesium, fosfor dan natrium, dan mencapai pH urine optimal yang mencegah pembentukan batu di saluran urin.
Ideal untuk dicampur dengan Adult Farm Lamb, Adult Bavarian Beef dan variasi Large Breed atau salah satu seri eksklusif “La Cuisine”.
Bahan-bahan:
Tepung salmon (11%), tepung unggas (11%), tepung jagung, tepung beras, jagung, tepung daging, lemak unggas, lemak sapi, irisan tipis kentang, hati terhidrolisis, molase bit gula, hati yang dikeringkan, ampas apel (dikeringkan) (0.7%), tepung telur utuh, natrium klorida, ragi (dikeringkan), kalium klorida, jelai (difermentasi) (0.3%), rumput laut (dikeringkan) (0.2%), biji rami (0.2%), akar chicory (0.04%), artichoke, rumput dandelion, jahe, daun birch, jelatang, sage, ketumbar, rosemari, timi, akar kayu manis, kamomil, meadowsweet, bawang putih liar. (total bumbu: 0.17%)
Unsur analitis:
Protein kasar 32%, lemak kasar 18%, serat kasar 2.5%, ash kasar 6.5%, kalsium 1.25%, fosfor 0.85%, natrium 0.45%, kalium 0.5%, magnesium 0.08%, Asam lemak omega-6 2.8%, Asam lemak omega-3 0.25%
Aditif:
Vitamin/kg:
Vitamin A (E672) 18000 I.U., vitamin D3 (E671) 1800 I.U., vitamin E (all-rac-alpha-tocopheryl acetate 3a700) 100 mg, vitamin B1 (tiamin mononitrat) 5 mg, vitamin B2 (ribofl avin) 6 mg, vitamin B6 (piridoksin hidroklorida 3a831).
(piridoksin hidroklorida) 4 mg, D (+) biotin 700 mcg, kalsium-d-pantotenat 12 mg, niasin 45 mg, vitamin B12 75 mcg, kolin klorida 75 mg.
Antioksidan, ekstrak kaya tokoferol asli dari alam
Unsur kelumit/kg:
Besi (besi (II) sulfat) 120 mg, tembaga (tembaga (II) sulfat) 12 mg, seng (oksida seng, khelat seng asam amino hidrat) 150 mg, mangan(oksida mangan) 30 mg, iodin (kalsium iodat) 2.0 mg, selenium (natrium selenit) 0.15 mg
asam amino/ kg:
DL metionin 4400mg, taurin 1000mg
Energi mudah dicerna:
1730 kJ/100g
Target pH urin:
6.0-6.5
 
Jadi, Happy Cat Atlantic Salmon ini makanan kucing buat kucing ras berbulu panjang dan punya pencernaan yang sensitif. Dalam informasi di website juga menuliskan kalau Happy Cat Supreme bisa dicampur dengan Happy Cat La Cuisine. Walaupun keterangan bahan pertama Happy Cat Atlantic Salmon adalah tepung salmon, disusul dengan tepung jagung, tepung beras, jagung, tepung daging, lemak unggas & lemak sapi. Keterangan bahan-bahan Happy Cat Atlantic Salmon sangat jelas! Jadi kita sebagai cat parent ga was-was lagi dengan apa saja yang dimakan sama anak-anak bulu kita.
Puas banget sama informasi yang udah disediakan oleh Happy Cat. Happy Cat adalah makanan kucing yang diproduksi di Wehringen, Bavaria. Ide makanan Happy Cat ini berawal dari sebuah keluarga kecil pecinta kucing dan anjing yang ingin memberikan makanan terbaik untuk para hewan. Jadilah Happy Cat! Happy Cat udah berdiri selama 4 generasi keluarga. Pemilik sekaligus CEO Happy Cat adalah Pak Georg Müller. Happy Cat lumayan rajin mengadakan event di regional ibu kota. Happy Cat punya banyak platform informasi di social media yaitu Fan page Facebook, Twitter dan Instagram. Yang lebih kerennya lagi di website Happy Cat menyediakan informasi di kota dan lokasi rinci kita bisa membeli produk Happy Cat. Kayak di Semarang, Happy Cat bisa dibeli di Holy Pet Shop dan Ciproet Pet Shop. Juga tersedia informasi di kota-kota lain.
Cat Point of View
Karena di Pet Paradise jual kemasan kecil (300 gram), jadi aku beli langsung 3 bungkus. First impression Happy Cat aromanya ga terlalu enek juga ga amis. Kucing-kucingku sangat doyan dan ga butuh waktu lama buat transisi dari pakan lama ke pakan baru. Mereka juga sangat menerima Happy Cat ini. Mungkin karena bentuk, rupa dan aroma Happy Cat ga jauh berbeda dengan makanan mereka sebelumnya yaitu Optima Chicken & Rice ya? Semuanya lahap makan, selalu habis dan rebutan tiap kali refill ke foodbowl.
Efek setelah kucing-kucing makan Happy Cat sampai habis (awalnya 3 bungkus, tambah lagi 3 bungkus) poop mereka masih solid dan warna bagus. Pipis juga normal, makan tambah lahap, lebih sering minum dan Happy Cat ini selalu abis di foodbowl. Para kittens juga kadang makan, udah disediain makanan khusus buat kitten tetep aja ngikutin emaknya. Mereka agak kesulitan ngunyah karena bentuk kibble Happy Cat lumayan besar. Buat para kucing remaja dan adult sih ga ada masalah. Tiap makan Happy Cat kedengeran suara renyah dan klutakan dari mereka. Sayangnya stock Happy Cat di Pet Paradise udah abis. Well, kayaknya harus cari Happy Cat di tempat lain karena penasaran banget pingin cobain rasa dan varian lain.

Conclusion
Kesimpulan yang bisa aku tarik dari review Happy Cat adalah kucing-kucing suka, mau makan, lahap dan selalu habis. Mulai dari yang piyik sampai yang peyek (haha) doyan. Anak, bapak, emak, tante, om, cucu semuanya doyan. Efek buat kucing-kucing sih so far so good. Sebenernya mau banget cobain varian Happy Cat lagi, tapi berhubung belom nemuin alamat pet shop yang jual Happy Cat di Semarang akhirnya ditunda dulu. Puas sama hasil dan efek setelah makan Happy Cat. Jadi udah proven kalau Happy Cat bukan makanan kucing abal-abal dan curah yang awal aku pikir hehe. Sekian dulu ya feliners review Happy Cat dari The Cat Sound. Semoga review ini bisa berguna dan bisa juga dijadikan refrensi buat feliners semua. By the way, review Happy Cat ini aku tulis bulan Mei 2016 dan ga repeat cobain Happy Cat lagi sekarang. Nantikan review lainnya ya. Bye!
*Review Happy Cat ditulis pada bulan Mei 2016

3 comments: